Review

Review: Follow Me, Kisah Vlogger Antara Escape Room dan Prank

40
×

Review: Follow Me, Kisah Vlogger Antara Escape Room dan Prank

Share this article

LASAK.iDFollow Me atau judul lainnya No Escape adalah film adventure horror-mystery tentang seorang pembuat video (vlogger). Cole (Keegan Allen) adalah selebriti dunia maya yang terkenal dengan channel-nya #EscapeRealLife yang dibangun selama 10 tahun.

Sebagai vlogger dengan jutaan followers di media sosial, Cole dituntut terus memberikan tontonan yang beda dan menarik setiap waktu. Selama 10 tahun itu, video mulai dari yang biasa, luar biasa sampai yang tidak biasa sudah dibuat oleh Cole untuk channel-nya tersebut.

Cole yang semakin terobsesi, akhirnya menantang siapa pun untuk memberikan ide atau tantangan baru untuk videonya. Akhirnya membawa Cole dan keempat temannya, Dash (George Janko), Samantha (Siya), Thomas (Denzel Whitaker) dan kekasihnya Erin (Holland Roden). Pada sebuah permainan escape room lainnya di Rusia. Tanpa disadari akan membawa malapetaka untuk dirinya seorang.

Cole beralasan pernah melakukan sebelumnya merasa bukan lagi sebuah tantangan. Melihat temannya mulai tidak tertarik, Dash meyakinkan bahwa teman Rusia-nya akan membuat escape room kali ini bergaya Rusia dan berbeda.

Setelah mendarat di Rusia, kelimanya disambut oleh Alexei Koslov (Ronen Rubinstein) dan Viktoria (Emilia Ares). Sekaligus dihantarkan ke hotel dengan fasilitas kelas satu yang mewah. Awalnya masih biasa saja dan Cole merasa ini seperti rutinitasnya sehari-hari dalam membuat konten hanya kali ini berlatar negara Rusia. Tanpa menyadari akan bahaya besar yang mengintai kelimanya.

Hingga momen di mana mereka terlibat keributan dengan 2 orang Rusia berbahaya di sebuah tempat hiburan malam. Dari sinilah kecurigaan berawal dan di mulainya runtutan bencana untuk kelimanya. Di mulai dengan Cole dan teman-temannya dibawa ke sebuah bangunan penjara Rusia yang sudah di set menjadi permainan escape room.

Pada awalnya, Cole masih merasa ini hanyalah sebuah permainan, namun akhirnya menyadari ketika mencoba menyelamatkan teman-temannya dari jebakan yang menjerat mereka. Merasa semakin berbahaya, Cole memutuskan untuk kabur dari permainan.

Sayangnya mereka tertangkap oleh orang Rusia yang sebelumnya berselisih dengan mereka di club malam. Mereka dibawa dan disekap di sebuah gedung mencurigakan dengan segala peralatan menyeramkan. Disinilah bencana mengerikan terjadi, lolos dari kandang macan masuk kadang singa.

Orang Rusia yang menyekap Cole dan teman-temannya yang ternyata seorang vlogger. Berbedanya konten yang mereka sajikan jauh dari menyenangkan dan lebih ke arah sadis.

Karena inilah Cole harus menyaksikan satu per satu temannya mati dengan cara yang tidak lazim. Sempat berhasil keluar dan ada kesempatan kabur, namun Cole memilih untuk menyelamatkan temannya yang masih hidup. Usahanya sia-sia karena semua temannya harus mati.

Dia yang berhasil lolos melalui celah lubang ventilasi bertemu dengan Alexei Koslov yang menyapanya dengan sinis sambil terus merekamnya dalam siaran langsung. Cole yang tahu dalang di balik semua kejadian adalah Alexei terbakar emosi.

Film ini mendapatkan review yang tidak memuaskan dari banyak situs film. Yap, film garapan Will Wernick sebagai sutradara dan penulis tidak banyak memberikan sentuhan istimewa. Will Wernick hanya mengikuti trend film serupa tentang permainan bernama escape room. Dari sebuah permainan keseruan penuh teka-teki berujung kematian.

Di sini Will Wernick melakukan pembeda dari sudut pandang cerita dan karakter yang ditonjolkan pada filmnya. Dari kehidupan seorang pembuat video (vlogger) yang telah menjadi selebriti lewat jutaan followers-nya bernama Cole Turner.

 

Sayangnya, ekspektasi penonton menurun ketika ketegangan (jump scare) yang diharapkan tidak tercapai. Ini ketika karakter utama Cole seolah dengan mudah memecahkan teka-teki demi menyelamatkan teman-temannya dari jebakan di escape room.

Ketegangan yang diinginkan sedikit didapatkan ketika Cole menghadapi masalah dengan orang Rusia lainnya. Mereka ditangkap, disekap dan dibunuh dengan cara yang tidak lazim. Mereka juga vlogger namun membuat video untuk kesenangan dalam artian yang berbeda.

Plot twist sebagai unsur lain yang dihadirkan, cukup membuat unpredictable ending untuk filmnya. Sebuah prank besar yang dipersembahkan untuk Cole, justru berujung sebenarnya bencana di part akhir filmnya.

Secara garis besar, Follow Me hanya ingin menunjukan sebuah kehidupan dari seorang selebritis yang besar karena video atau konten yang dibuatnya. Kehidupan yang dituntut selalu kreatif dan sempurna di mata pengikutnya. Dan prank pun menjadi hal lumrah dalam kehidupan selebritis dunia maya.

Itulah yang akhirnya menjawab alasan dibalik translate sebagian komunikasi karakter dengan bahasa Rusia tidak dimunculkan dalam filmnya. Begitu juga adegan sadis dan berdarah yang tidak diperlihatkan secara utuh.

 

Production company: Vertical Entertainment, Voltage Pictures, Escape Productions
Distributor: Vertical Entertainment
Cast: Keegan Allen (Cole Turner), Holland Roden (Erin), George Janko (Dash), Siya (Samantha), Denzel Whitaker (Thomas), Ronen Rubinstein (Alexei Koslov) dan Emilia Ares (Viktoria)
Director: Will Wernick
Screenplay:Will Wernick
Producers: Jeff Delson, Kelly Delson, Sonia Lisette, Will Wernick
Duration: 1 hours 31 minutes