Music

Noxa Fest V Kolaborasi Musik Grindcore Indonesia x Polandia

82
×

Noxa Fest V Kolaborasi Musik Grindcore Indonesia x Polandia

Share this article

LASAK.iDNoxa Fest merupakan acara musik yang spesialis dengan musik ekstrim dan keras. Acara musik yang diinisiasi oleh band grindcore garda depan asal Jakarta tersebut sempat absen karena pandemi selama kurang lebih 4 tahun atau terakhir kali pada 2019 lalu.

Tahun 2023 ini, Noxa Fest bersiap kembali menghibur metalhead untuk edisi ke-5 dengan menggaungkan tema ‘Indonesia x Polandia‘. Sekaligus menandai 20 tahun perjalanan karir dari band Noxa di kancah musik grindcore tanah air.

Pada Rabu (8/3), pengumuman terkait Noxa Fest V disampaikan langsung personel dari band Noxa, yaitu Ade Himernio Adnis (gitar), Alvin Eka Putra (drum) dan Diego Shefa Dilanegara (vokal).

Ade Himernio mengatakan hajatan musik Noxa Fest V akan dilaksanakan pada 4 Juni 2023 mendatang. Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, yaitu ‘Indonesia x Polandia‘, Noxa Fest V akan menghadirkan tiga band asal negara berjuluk Orły atau Eagles, yaitu Vader, Hate dan Thy Disease.

Kami di sini akan mengundang tiga band (death metal) dari Eropa, tepatnya dari Polandia, yaitu Vader, Hate dan Thy Disease. Kami rencananya juga akan mengundang band-band dari luar kota Jakarta“, ungkap Ade Himernio.

Terkait tema ‘Indonesia x Polandia‘, Noxa Fest V punya misi agar kedua negara bisa saling mengenal dan berhubungan di bidang budaya satu sama lain di acara tersebut. Selain acara tersebut didedikasikan untuk mendiang vokalis dari band Noxa, Tonny Christian Pangemanan pada 2020 lalu.

Pelaksanaan yang masih beberapa bulan ke depan, Ade Himernio mengatakan line-up masih bisa terus bertambah, melihat antusias band lokal yang tertarik untuk tampil di Noxa Fest V. Kurasi tetap dilakukan dengan syarat setidaknya memiliki EP atau mini album.

Menurut Ade Himernio ini menunjukkan keseriusan band-band tersebut untuk ikut terlibat dalam Noxa Fest V. Juga terhadap musik ekstrim di Indonesia, bukan sekedar menjadi band cover saja.

Banyak pesan whatsapp yang masuk dari band-band lokal minta untuk tampil di Noxa Fest. Pertimbangan dari kita untuk bisa tampil, mereka sudah pernah punya album, minimal EP. Ini sebagai bentuk keseriusan dari mereka untuk tampil“, tambah Ade Himernio.

Ade Himernio juga menegaskan untuk line-up yang ada belum final, karena Noxa Fest V masih mencoba untuk mendatangkan band lainnya, terutama yang berasal dari Asia.