Event

Pekan Gastronomi Hadirkan Ragam Kuliner Asal Prancis

95
×

Pekan Gastronomi Hadirkan Ragam Kuliner Asal Prancis

Share this article
Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN

LASAK.iD – Pada Kamis (12/10) lalu, untuk pertama kalinya Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia resmi digelar. Event bertajuk “Le Goût de France – Cita rasa Prancis, j’adore !”, di bawahi langsung Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut français Indonésie (IFI) dan Business France Indonesia, yang didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia.

Pembukaan dari Pekan Gastronomi Prancis dihadiri langsung oleh Fabien Penone selaku Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN, Sylvain Biard selaku Konselor Perdagangan Kedutaan Besar Prancis, Chef Gilles Marx selaku Presiden Disciples Escoffier Indonesia dan Charlotte Esnou selaku Atase Kerja Sama Kebudayaan IFI/Kedutaan Besar Prancis di Indonesia. Tak ketinggalan para chef profesional asal Perancis dan Indonesia.

Pekan Gastronomi ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dengan lebih baik keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia.

Kami sedang membentuk kerja sama antara Prancis dan Indonesia. Gastronomi adalah bagian dari dialog antara Perancis dan Indonesia yang sangat beragam. Kami hanya ingin menampilkan keragaman Gastronomi Perancis di Indonesia. Jadi, ini salah satunya dengan total ada lima belas acara di seluruh Indonesia di berbagai kota“, ungkap Fabien Penone selaku Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN.

 

Fabien Penone, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN saat menikmati makanan di pembukaan Pekan Gastronomi Prancis

Pekan Gastronomi Prancis di Indonesia melibatkan lebih dari 150 restoran dan lembaga-lembaga mitra di seluruh Nusantara, terutama di wilayah-wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Jambi, Seminyak, Denpasar, Sanur, Ubud, Makassar, Medan, Pasuruan, Surabaya, Tangerang dan Yogyakarta.

Beragam acara akan diselenggarakan, seperti “menu ala Prancis” yang dihidangkan di restoran-restoran mitra, perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi serta kelas memasak. Sebanyak lima belas demo memasak telah dijadwalkan dan akan diadakan di sejumlah sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi.

Terakhir, lomba resep Prancis terbaik tingkat nasional telah diluncurkan di Instagram. Lomba ini terbuka bagi siapa saja. Sepuluh orang pembuat video terbaik akan diundang ke grand final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2023.

Pada kesempatan tersebut, dewan juri yang terdiri atas chef dari Prancis dan Indonesia, termasuk Gilles Marx sebagai Ketua Himpunan Murid Escoffier Indonesia, akan menentukan pemenangnya. Hadiah utama adalah perjalanan ke Prancis, untuk mengenal kuliner khas Prancis (mencakup tiket pesawat pergi-pulang, uang saku, akomodasi untuk satu minggu dan visa).

Restoran yang berpartisipasi, informasi lengkap dan rincian program “Le Goût de France – Cita rasa Prancis, j’adore !” dapat ditemukan di laman www.citarasaprancis.com.