Event

Kevin Liliana Menjadi Juri Ajang Perjodohan Komunitas Sosial

76
×

Kevin Liliana Menjadi Juri Ajang Perjodohan Komunitas Sosial

Share this article
photo by instagram (@kevinlln)

LASAK.iDMiss International 2017, Kevin Liliana, menjadi juri dalam program Matchmaking Social Organization 2023 #ForABetterWorld yang diselenggarakan oleh Campaign.com. Program ini merupakan ajang perjodohan komunitas atau organisasi untuk membuat kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange.

Diselenggarakan pada Kamis (26/01) lalu, program ini menjaring komunitas untuk mendapatkan pendanaan total 25 juta rupiah dari sponsor guna mengorganisir kampanye sosial. Untuk mendapatkan komunitas yang mumpuni, Kevin Liliana dipilih menjadi salah satu juri untuk menentukan komunitas mana yang layak.

Kevin sendiri memiliki perhatian khusus pada isu sosial, khususnya bidang lingkungan, mengingat dirinya berperan aktif dalam melestarikan lingkungan saat menjabat sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017. 

Sebagai juri, Kevin mengaku takjub terhadap ide-ide anak muda yang bertekad merealisasikan kampanye berdasarkan fokus isu mereka masing-masing, mulai dari kesetaraan, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan. Kampanye kreatif dari sembilan komunitas yang beradu membuka mata bahwa siapa saja dapat melakukan kampanye sosial. Menurut Kevin, kompetisi seperti ini membuat lebih banyak orang bersemangat untuk bergabung dalam komunitas sosial dan merealisasikan kegiatan sosial mereka.

Buat aku, menjadi juri membuka mataku lebar-lebar, bahwa melakukan sesuatu untuk masyarakat dan bergerak untuk kontribusi positif, nggak perlu jadi siapa-siapa dulu, influencer, dan lain-lain. Siapa pun kamu, bisa berkontribusi positif untuk masyarakat,” ujar Kevin.

Proses penjurian dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan berbagai aspek, yakni perencanaan, dampak sosial, dan efektivitas kampanye bagi masyarakat. Dari segi perencanaan, komunitas harus menjabarkan latar belakang dan ide kampanye yang kreatif.

Selain itu, komunitas juga perlu meyakinkan juri bahwa kampanye yang akan dibuat dapat berdampak baik dan berkelanjutan. Dari hasil penilaian, ada empat komunitas yang terpilih, yakni Hoshizora Foundation, Futurest 2023, Pemuda Tanggap Berbagi, dan Serdadu Kumbang. Lisa Andriani selaku Public Relations Hoshizora Foundation, mengaku senang karena dapat merealisasikan kampanye impian mereka.

Kami akan mengangkat kampanye #JikaAkuSekolah untuk anak-anak dari keluarga prasejahtera agar bisa memperoleh pendidikan yang layak. Harapannya, pesan ini menjadi pemicu anak-anak lebih bersemangat untuk sekolah,” kata Lisa. 

Empat komunitas terpilih diharapkan dapat membuat berbagai aksi kampanye yang kreatif, sehingga dapat menarik banyak anak muda yang mau berpartisipasi. Menurut CEO Campaign.com, William Gondokusumo, kampanye sosial tidak hanya melahirkan banyak dampak baik, tetapi juga membentuk kebiasaan baru.

Di era globalisasi ini, Campaign.com mewadahi berbagai komunitas yang ada di Indonesia untuk menyelenggarakan kampanye secara online. Banyak sekali komunitas di seluruh penjuru Indonesia yang punya misi luhur, namun terkendala operasional. Melalui Matchmaking Social Organization #ForABetterWorld, kami bermaksud menjadi penyambung tangan bagi mereka untuk mewujudkan kampanye sosialnya lewat aplikasi Campaign #ForChange,” imbuh William. 

Program Matchmaking Social Organization #ForABetterWorld ini berlangsung setiap bulan selama satu tahun. Bagi organisasi atau komunitas sosial yang ingin membuat kampanye yang berdampak, dapat mendaftar di Campaign.com hingga 15 Februari 2023.