Event

Europe on Screen 21 Kembali Digelar Mulai 15-27 September 2021

39
×

Europe on Screen 21 Kembali Digelar Mulai 15-27 September 2021

Share this article

LASAK.iD – Festival Film yang menampilkan karya film maker dari Eropa yaitu Europe on Screen (EoS) kembali di gelar tahun ini. EoS untuk edisi ke-21 kembali bergulir mulai 15-27 September 2021. Masa PPKM yang masih diberlakukan di Indonesia, Festival Film Europe on Screen 21 akan kembali bergulir secara daring.

Edisi kali ini tetap dirasa spesial, sekitar 53 judul film dari 23 negara Eropa yang akan ditayangkan dalam Rangkaian Program Film, yang terbagi dalam Program Festivities (44) dan Program Realities (7) serta satu film untuk Program Europe on Screen Short Film Pitching Project 2020. Jumlah ini lebih banyak dari edisi sebelumnya yang menayangkan sekitar 40 film.

Film pembuka dan penutup dalam Rangkaian Program Film pada Festival Film Europe on Screen 21

 

Festival Film Europe on Screen 21 diungkapkan Meninaputri Wismurti selaku Festival Co-Director Europe on Screen tidak memiliki tema besar atau khusus. Terlihat dari line-up dari EoS 21 yang memiliki keragaman genre maupun cerita.

Tema besar festival biasanya setiap tahun memang kami tidak pernah memiliki untuk menaungi Europe on Screen. Sub tema pernah kami miliki yang biasanya terkait dengan isu di Eropa“, ungkapnya.

Meninaputri Wismurti juga menambahkan, “Benang merah dari keragaman genre dan cerita, Europe on Screen ingin menyajikan film yang bersahabat atau audience friendly. Dan bisa di nikmati secara gratis.”

Tak ketinggalan setiap edisinya, Rangkaian Program Film selalu memilih 2 film yang dijadikan sebagai pembuka dan penutup. Film berjudul Ensilumi dari Finlandia didapuk menjadi film pembuka dan film dokumenter Itali berjudul We Are The Thousand sebagai film penutup. Ini menjadi pertama kalinya film dokumenter menjadi penutup dalam gelaran Festival Film Europe on Screen.

Yang istimewa tahun ini, untuk pertama kalinya dalam 21 kali penyelenggaraan Europe on Screen, festival ini ditutup oleh film dokumenter. Yang kami pilih adalah film dokumenter musik dari Italia yang berjudul We Are The Thousand”, ungkap Nauval Yazid selaku Festival Co-Director Europe on Screen.

Selain bisa menikmati film-film dari eropa, yang tidak boleh dilewatkan adalah Road to Europe on Screen 21: Lokakarya. Ini merupakan program Europe on Screen yang bekerjasama dengan Cineuropa dan akan berlangsung mulai 6-14 September 2021.

Sedikit lebih banyak dari edisi lalu, Road to Europe on Screen 21: Lokakarya menghadirkan 3 lokakarya yang di mulai dengan akting bersama aktor asal Inggris, Vincent Riotta. Dilanjutkan dengan pengembangan film dan co-production bersama Alessandra Pastore dari Itali. Terakhir program yang diberikan terkait editing film bersama Cedric Zoenen dari Belgia.

Untuk info lengkap bisa mengakses dengan klik Europe on Screen 21.