Art/Gallery

REFLEKT Program Residen Untuk Seniman Indonesia, Malaysia dan Filipina Selama 2 Bulan di Jerman

156
×

REFLEKT Program Residen Untuk Seniman Indonesia, Malaysia dan Filipina Selama 2 Bulan di Jerman

Share this article

LASAK.iD – Goethe-Institut bersama SAVVY Contemporary, TanzFaktur serta Leipzig International Art Programme mengumumkan kesempatan mengikuti REFLEKT, program residensi dua bulan di bidang seni visual dan seni pertunjukan yang akan berlangsung di Jerman. Panggilan terbuka ini diperuntukkan bagi seniman, kurator dan praktisi seni di Indonesia, Malaysia serta Filipina. Tenggat pengajuan aplikasi adalah 31 Juli 2023.

Program residensi REFLEKT yang diinisiasi Goethe-Institut Indonesia, Malaysia dan Filipina ini mendorong para seniman/ kurator/ praktisi seni yang mengikuti residensi untuk memperluas riset masing-masing, mengembangkan konsep/ prototipe, atau membuat karya seni bersama dengan organisasi tuan rumah dan komunitas setempat.

Pada edisi perdana ini, sebanyak lima slot tersedia bagi para seniman, kurator dan praktisi seni untuk bekerja dan berinteraksi dengan skena seni masing-masing serta dengan publik di Jerman bersama organisasi tuan rumah sebagai berikut:

SAVVY Contemporary (Berlin) | Periode residensi: 01.11.2023 – 31.12.2023

SAVVY Contemporary ingin berkolaborasi dengan seorang seniman, pemikir, peneliti atau profesional budaya yang telah mendedikasikan praktiknya untuk pengembangan organisasi artistik dan pemeliharaan infrastruktur untuk kreativitas. SAVVY Contemporary berminat mengawali kerja sama jangka panjang terkait topik-topik seperti peran seniman dalam manajemen budaya, pendekatan inventif dan kritis dalam pengadaan pameran, kerja kuratorial di ruang-ruang birokrasi dan institusi publik, hingga strategi estetika dalam mobilisasi lintas sektor.

TanzFaktur (Köln) | Periode residensi: 01.11.2023 – 31.12.2023

TanzFaktur didirikan pada tahun 2014 dan merupakan tempat acara seni independen yang mempromosikan tari kontemporer, teater dan pendidikan tari. Residensi ini bermaksud menjalin kerja sama dengan dua koreografer, pembuat tari, praktisi atau peneliti dengan minat besar terhadap praktik-praktik yang melibatkan masyarakat. Selama residensi, para peserta akan mengembangkan paling tidak satu program bersama dengan komunitas-komunitas TanzFaktur. Format program tersebut dan juga kontennya harus secara otentik mencerminkan dan mewakili pendekatan artistik serta fokus peserta residensi.

Leipzig International Art Programme (Leipzig) | Periode residensi: 01.12.2023–31.01.2024

The Leipzig International Art Programme (LIA) merupakan program residensi seniman internasional di Spinnerei, bekas pabrik pemintalan kapas yang didirikan pada 1880-an di Leipzig dan kini telah beralih fungsi. Program ini menawarkan tempat bereksperimen dan belajar di Leipzig yang kaya tradisi dan memiliki komunitas seniman lokal yang kokoh. LIA berfokus untuk menjadi tempat bagi dialog dan pertukaran kritis, yang berlangsung di studio-studio bersama seniman, pembuat buku, ilustrator, pelukis, fotografer dan seniman multimedia lokal yang mengenyam pendidikan di Akademi Seni Rupa. Kunjungan studio dan format studio terbuka merupakan bagian dari program bulanan dan para residen dapat memamerkan karya masing masing di Rundgang (Tur Galeri Spinnerei) dan berinteraksi dengan ribuan tamu lokal maupun internasional.

Idealnya, setelah merampungkan residensi, para peserta melanjutkan karya mereka dan mempresentasikannya di kota asal masing-masing, dengan Goethe-Institut setempat bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam program residensi ini, Goethe-Institut akan menanggung biaya perjalanan udara ke Jerman (tiket pulang pergi kelas ekonomi), visa dan biaya perjalanan untuk pengurusan visa, asuransi perjalanan, serta akomodasi selama residensi.

Peserta akan menerima uang lump-sum dan uang harian dengan total € 2.000 (lebih dari 33.5 juta rupiah) untuk seluruh durasi residensi dan subsidi untuk produksi/ riset. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program residensi, persyaratan dan cara mendaftar, silakan kunjungi bit.ly/opencallREFLEKT.