SportSewaktu Piknik

Kebumen Beach Marathon, Potret Baru Pariwisata Melalui Kegiatan Maraton di Pantai Pandan Kuning

79
×

Kebumen Beach Marathon, Potret Baru Pariwisata Melalui Kegiatan Maraton di Pantai Pandan Kuning

Share this article

Kebumen Beach Marathon 2023 di Pantai Pandan Kuning, Kebumen

Kebumen Beach Marathon
Kebumen Beach Marathon yang baru saja digelar mampu mendatangkan 2.515 peserta. (Sumber : Humas Jateng)

Kebumen, Lasak.id – Momentum sukses Kebumen Beach Marathon 2023 di Pantai Pandan Kuning, Kebumen, ternyata bukan hanya menyemarakkan semangat para pelari, tetapi juga menjadi katalisator bagi rencana pariwisata di daerah tersebut. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, memantapkan niatnya untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar event serupa, kali ini dengan mengusung konsep trail run di Gua Jatijajar.

Sumarno, yang juga turut aktif berpartisipasi dalam Kebumen Beach Marathon, menyampaikan gagasannya kepada Bupati dan Wakil Bupati Kebumen untuk menyelenggarakan trail run di Gua Jatijajar. Ide ini muncul setelah ia melihat kondisi kawasan Gua Jatijajar yang sepi dan kurang terawat.

Gua Jatijajar diharapkan dapat menjadi destinasi unik dengan menghadirkan rute lari masuk ke dalam gua, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi peserta. “Saya menyarankan kalau ada event trail run masuk ke gua, mungkin akan punya pengalaman tersendiri. Kalau benar nanti diadakan di Gua Jatijajar dan masuk gua, itu akan jadi satu-satunya,” ujar Sumarno.

Keunikan tersebut diharapkan dapat memicu minat peserta untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial, membuka peluang promosi yang luas untuk destinasi pariwisata setempat.

Sukses Kebumen Beach Marathon Menjadi Pemicu

Sumarno menyampaikan apresiasi atas suksesnya Kebumen Beach Marathon 2023, yang mampu menarik 2.515 peserta dari berbagai negara. Keberhasilan ini memberikan keyakinan bahwa event serupa di Gua Jatijajar memiliki potensi animo yang besar.

“Ini harus kita kenalkan kepada masyarakat. Satu untuk edukasi, kedua untuk pariwisata. Kalau ada event itu pesertanya bisa ribuan. Tentu dengan branding lebih bagus, peserta akan lebih banyak lagi,” ucapnya.

Pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh jika event trail run di Gua Jatijajar diselenggarakan. Ia akan berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan acara tersebut.

Baca Juga : Tahun ini H3RO 4.0 Hadirkan Turnamen Esport Khusus Perempuan

Sumarno juga memberikan apresiasi terhadap Kebumen Beach Marathon sebagai bagian dari sport tourism. Ia melihat event ini bukan hanya sebagai ajang olahraga, tetapi juga sebagai upaya pengembangan pariwisata dan promosi kesehatan masyarakat.

“Pemprov Jateng sangat mendorong banyaknya event-event serupa. Apalagi masyarakat sekarang sangat peduli dengan kesehatan, sehingga bisa menggaet masyarakat untuk hadir di tempat-tempat wisata seperti ini,” ungkap Sumarno.

Meskipun ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi untuk perbaikan ke depan, Sumarno menekankan keberlanjutan Pemkab Kebumen dalam menyelenggarakan Kebumen Beach Marathon sebagai langkah positif dalam mempromosikan potensi wisata di daerahnya.

“Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu, kalau di Kebumen ada Pantai Pandan Kuning ini. Tapi dengan adanya event ini banyak masyarakat dari luar daerah yang bisa datang ke sini. Bisa mengenalkan pantai Pandan Kuning ini kepada yang lain. Mereka nanti pulang akan cerita tentang pantai ini,” tandas Sumarno.

Melalui kegiatan maraton di Pantai Pandan Kuning, bukan hanya pesona pantai yang terungkap, tetapi juga potensi baru bagi pariwisata regional dengan gagasan menarik event trail run di Gua Jatijajar.

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x