Sewaktu Piknik

Menjelajahi Kuliner Solo, Mulai Sate Kere Hingga Roti Kecik

192
×

Menjelajahi Kuliner Solo, Mulai Sate Kere Hingga Roti Kecik

Share this article

Kuliner solo memberi kesan yang tidak mudah luput dari ingatan

Becak Kota Solo
Kehangatan suasana kota Solo yang kaya sejarah dan kulinernya. (Instagram : Wisata Solo)

Solo, Lasak.id – Kota Solo kental sejarah dan budaya, kuliner solo juga menggoda selera dengan ragam citarasa yang tak kalah menarik. Dari sate dengan aroma mempesona hingga hidangan roti yang unik, mari kita eksplorasi beberapa destinasi kuliner paling menarik di Solo yang dapat memuaskan lidah wisatawan.

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere
Sate Kere Yu Rebi salah satu kuliner khas Solo yang sudah melegenda. (Maps google : Sate Kere Yu Rebi)

Sate kere merupakan salah satu kuliner khas Solo yang wajib dicoba. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan dibakar. Sate kere biasanya disajikan dengan lontong dan sambal. Sate kere dapat Anda temukan di berbagai tempat di Solo, salah satunya di warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di Jl. Mangkuyudan No. 57, Laweyan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB. Harga sate kere di warung ini sekitar Rp 10.000 per porsi.

Baca Juga : Pesona Kendari, dari Kuliner Hingga Situs Sejarah

Soto Ayam Kampung Pak Timbul

Soto ayam kampung pak timbul
Soto ayam kampung Pak Timbul menggunakan bahan dasar yang segar, yaitu ayam kampung dan kaldu ayam kampung. (Maps Google : Soto ayam kampung pak timbul)

Soto ayam kampung Pak Timbul merupakan salah satu soto ayam paling terkenal di Solo. Soto ini memiliki kuah yang gurih dan kaldu yang kaya rasa. Soto ayam kampung Pak Timbul biasanya disajikan dengan nasi, suwiran ayam kampung, tauge, dan bawang goreng. Soto ayam kampung Pak Timbul dapat Anda temukan di berbagai tempat di Solo, salah satunya di warung Soto Ayam Kampung Pak Timbul yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 132, Laweyan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Harga soto ayam kampung di warung ini sekitar Rp 15.000 per porsi.

Nasi Liwet Mbok Giyem

Nasi Liwet khas Solo
Nasi liwet mbok Giyem Solo adalah simfoni rasa dan tekstur (Maps Google : Nasi Liwet mbok Giyem)

Nasi liwet merupakan kuliner khas Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, tempe, tahu, dan sambal. Nasi liwet Mbok Giyem merupakan salah satu nasi liwet paling terkenal di Solo. Nasi liwet Mbok Giyem dapat Anda temukan di berbagai tempat di Solo, salah satunya di warung Nasi Liwet Mbok Giyem yang terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 299, Laweyan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB. Harga nasi liwet di warung ini sekitar Rp 20.000 per porsi.

Kuliner Solo Ledre

Kuliner Solo Ledre
Ledre Makanan ini terbuat dari tepung pisang, gula merah, dan kelapa parut. Ledre memiliki tekstur yang lembut dan renyah. (Google Maps : Ledre Mbok Yem)

Ledre merupakan kue basah khas Solo yang terbuat dari pisang raja, tepung ketan, dan gula merah. Ledre memiliki rasa yang manis dan legit. Ledre dapat Anda temukan di berbagai tempat di Solo, salah satunya di warung Ledre Mbok Yem yang terletak di Jl. Sutan Syahrir No. 14, Laweyan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Harga ledre di warung ini sekitar Rp 3.000 per potong.

Roti Kecik

Kue Kecik
Kue kecik sudah ada sejak abad ke 19. (Instagram : @nana.groceries)

Roti kecik merupakan jajanan khas Solo yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur. Roti kecik memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Roti kecik dapat Anda temukan di berbagai tempat di Solo, salah satunya di warung Roti Kecik Mbak Yem yang terletak di Jl. Sutan Syahrir No. 14, Laweyan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Harga roti kecik di warung ini sekitar Rp 7.000 per porsi.

Sebagai kota bersejarah melalui kuliner kekiniannya, kota ini membuktikan bahwa tradisi dan inovasi dapat bersatu harmonis. Sertakan destinasi kuliner kekinian ini dalam daftar perjalanan Anda ke Solo, dan temukan kenikmatan rasa yang memorable di setiap sudutnya. Jadikan Solo sebagai destinasi kuliner kekinian yang selalu mengundang untuk Kembali pulang.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x