InternationalHappeningTech

Alumni Pelatihan InfraDigital Foundation Ikuti Ajang GCC 2024

157
×

Alumni Pelatihan InfraDigital Foundation Ikuti Ajang GCC 2024

Share this article

Lasak.Id – Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih menjadi salah satu negara anggota yang dapat berpartisipasi dalam Global Cybersecurity Camp (GCC) 2024 yang tahun ini diselenggarakan oleh negara Thailand. GCC merupakan ajang internasional tahunan bergengsi di bidang keamanan siber (cyber security).

Melalui InfraDigital Foundation sebagai komite utama dari Indonesia, tiga delegasi bersertifikasi terpilih mewakili Indonesia. Ketiganya adalah  Kevin Yehezkiel Gurning, Ryan Fadhillah, dan Prasnavira Satria.

Sejak 19-24 Februari 2024 kemarin, Kevin dan kawan-kawannya mengikuti rangkaian kegiatan GCC di Bangkok. Chairman InfraDigital Foundation, Muhammad Rofi mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa menjadi perwakilan Indonesia untuk pertama kalinya di GCC 2024.

“GCC merupakan wadah untuk mempertemukan peserta yang sudah kami latih di bidang cyber security. Dengan para profesional dari 10 negara anggota,” katanya.

“Kami berharap dengan mengikuti program ini, para alumni kita semakin percaya diri untuk bisa bekerja di bidang keamanan siber kedepannya. Yakni mengembangkan jaringan di level internasional, serta bisa memberikan dampak untuk sekitarnya.”

 

Kevin, Ryan dan Prasnavira merupakan alumni peserta pelatihan dari InfraDigital Foundation. Ketiganya telah mendapatkan sertifikasi di bidang cyber security.

Sebelumnya, Prasnavira Satria adalah peserta yang lulus program pelatihan cyber security Mastercard Academy. Ini diadakan oleh Grab dan Mastercard pada 2021.

Ia mengetahui adanya pelatihan ini dari sang ayah yang berprofesi sebagai Mitra Pengemudi GrabBike. Saat ini, Pras bekerja sebagai Penetration Tester di Systech Global Informasi (SGI).

“Saya bertemu banyak teman dari berbagai negara, sehingga dapat bertukar pikiran dan mendapat perspektif baru. Tentang praktik cyber security dari negara asal mereka masing-masing,” kata Pras.

Di samping itu, kata dia, dirinya juga mendapat pengetahuan baru dari para trainer yang berpengalaman. Tentu inu dapat diimplementasikan saat kembali ke Jakarta.

“Saya rasa ini menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya,” katanya.

Selain itu, Kevin Yehezkiel Gurning dan Ryan Fadhillah adalah peserta program pelatihan Ready4Security-Indonesia dari Microsoft Philanthropy. Ready4Security-Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing, produktivitas, dan, profesionalisme.

Yakni untuk 1.751 siswa dan lulusan baru SMK dan perguruan tinggi di bidang
Cybersecurity. Kevin sebelumnya juga mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Sub-Batch 1 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ia saat ini bekerja sebagai aparatur di Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN). Menurutnya, pelatihan dan bimbingan yang didapatkan selama GCC 2024 sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan ilmu.

“Ini menjadi pengalaman yang membanggakan bagi saya karena menjadi bagian dari kontributor serta delegasi Indonesia untuk pertama kalinya di GCC
2024. Harapan kedepannya, Indonesia dapat terus berkontribusi dan memberikan yang terbaik pada GCC di tahun-tahun berikutnya,” kata Kevin Yehezkiel Gurning.

Ryan Fadhillah, peserta yang lulus program pelatihan Training Cybersecurity dari Mastercard Academy 2.0 pada tahun 2022, juga mengungkapkan hal serupa. Yakni mengenai kebanggaannya
sebagai salah satu delegasi yang mewakili Indonesia di ajang internasional GCC tahun ini.

Ryan mengatakan dirinya sangat beruntung dapat mengikuti program Global Cybersecurity Camp 2024 di Thailand. “Pengalaman ini benar-benar memperluas pemahaman saya tentang tantangan dan solusi,” kata dia.

Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2018 di Seoul, Korea Selatan, GCC merupakan program pelatihan keamanan siber berskala internasional. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan talenta digital muda di bidang cybersecurity.

Selama satu minggu, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan secara intensif. Untuk bertukar pengalaman,
membangun jejaring, dan berlatih memecahkan masalah terkait keamanan siber.

Tentunya dengan bimbingan dari sejumlah pakar dan praktisi keamanan siber terbaik. Peserta yang dapat mengikuti program ini pun telah memiliki sertifikasi dan melalui tahap seleksi dari komite yang ada di masing-masing negara.

Selain Indonesia, GCC diikuti oleh sekitar 50 peserta dari 9 negara anggota lainnya. Yaitu Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Australia, dan India.

Partisipasi InfraDigital Foundation sebagai komite utama yang mewakili Indonesia di Global Cybersecurity Camp tahun ini. Mereka juga mendapat dukungan dari Grab Indonesia, Veda Praxis, dan ISACA Indonesia Chapter.

Hal ini sekaligus membuka jalan bagi talenta cyber security Indonesia untuk unjuk gigi. Tidak hanya pada level nasional, melainkan juga pada level internasional.

Tentunya, harapan untuk membawa nama baik Indonesia pada level internasional berada pada pundak ketiga delegasi terpilih. Serta juga InfraDigital Foundation sebagai organisasi non-profit pada ajang internasional ini.

“Sebagai sponsor, kami di Veda Praxis merasa sangat terhormat dapat mendukung GCC melalui kemitraan dengan InfraDigital Foundation. Melihat antusiasme dan prestasi yang dicapai oleh para peserta, khususnya tiga perwakilan dari Indonesia, memberikan kami kepuasan yang luar biasa,” kata Chief of Sales at Veda Praxis Harry Dahlan.

“Kesuksesan salah satu peserta sebagai individu terbaik di kelompoknya. Bukan hanya kemenangan bagi mereka secara pribadi, tapi juga bukti konkret dari kualitas talenta yang kami dukung.”

Ia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keamanan siber. Tapi juga untuk membantu mengembangkan talenta-talenta baru yang akan menjadi professional hebat di masa depan.​

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
puravive reviews
1 month ago

This gateway is incredible. The splendid substance displays the manager’s commitment. I’m overwhelmed and envision more such astonishing presents.

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x