News

Duolingo English Test (DET),Solusi Aksesibilitas dan Kenyamanan Tes Bahasa Inggris

158
×

Duolingo English Test (DET),Solusi Aksesibilitas dan Kenyamanan Tes Bahasa Inggris

Share this article

Duolingo English Test (DET) bukan sekadar tes, melainkan kunci pembuka pintu peluang pendidikan global bagi generasi millennial Indonesia.

Duolingo English Test (DET)
Proses tes dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menggunakan perangkat apa pun.(Sumber : Istimewa)

Jakarta, Lasak.id – Duolingo English Test (DET) telah menjadi pilihan populer bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar di luar negeri. Tes bahasa Inggris online terstandar ini menawarkan berbagai keunggulan, termasuk aksesibilitas, kenyamanan, dan hasil yang akurat.

Menurut data Duolingo, lebih dari 280 kota di Indonesia telah menjadi lokasi tes DET. Hal ini menunjukkan bahwa tes ini semakin diminati oleh pelajar di seluruh Indonesia, termasuk di kota-kota kecil dan terpencil.

Selain itu, survei global yang dilakukan Duolingo menunjukkan bahwa hampir 70% siswa yang mencoba tes tradisional dan digital, lebih memilih tes digital. Hal ini menunjukkan bahwa siswa semakin menyukai tes yang dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Inovasi DET tidak hanya mencerminkan tren belajar di luar negeri yang melejit, tetapi juga sebagai jawaban terhadap tuntutan akan tes bahasa Inggris yang lebih inovatif.

Pada tahun 2023, lebih dari 9.956 pelajar berhasil meraih beasiswa LPDP, sementara IISMA memfasilitasi 1.984 mahasiswa studi di luar negeri.

Ini menandakan perubahan besar dalam preferensi pelajar Indonesia yang semakin memilih tes digital sebagai alternatif untuk melibas ujian bahasa Inggris tradisional seperti TOEFL iBT dan IELTS.

Baca Juga : Aplikasi Duolingo Bantu Pelajari Bahasa Baru Selama Bulan Ramadhan

DET menawarkan berbagai fitur yang memudahkan siswa untuk mengikuti tes, termasuk:

  • Tes dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, menggunakan perangkat apa pun.
  • Tes hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk diselesaikan.
  • Hasil tes akan dikirimkan dalam waktu 2 hari.
  • Biaya tes sebesar $59 atau sekitar Rp908.600.

Carrie Wang, Head of Global Growth, Duolingo English Test, menyatakan, “Kami melihat peningkatan minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Estimasi kami menunjukkan bahwa sekitar 70% dari pelajar yang mendaftar program beasiswa IISMA lebih memilih untuk mengikuti tes DET pada tahun 2023.”

DET telah diakui oleh lebih dari 5.000 universitas di seluruh dunia, termasuk banyak universitas terkemuka, seperti Cornell, Duke, Columbia, Imperial College London, McGill, Massachusetts Institute of Technology, Northeastern, New York University, Penn, University of Chicago, University of Southern California, dan Yale.

Gabriella Sally, seorang mahasiswa Indonesia yang belajar kewirausahaan di Babson College, mengatakan, “Saya menyukai DET karena tes ini tidak hanya mampu untuk menilai seberapa baik peserta dalam menguasai tes, tetapi juga mampu memberikan penilaian terhadap kemampuan bahasa Inggris peserta secara menyeluruh. Dengan demikian, hasilnya tidak hanya mencerminkan kelulusan dalam tes semata, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan peserta.

DET dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pelajar Indonesia yang ingin mewujudkan impian belajar di luar negeri. Tes ini menawarkan solusi yang kompeten dan efektif untuk mengatasi tantangan aksesibilitas dan kenyamanan tes bahasa Inggris.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x