Review

Review: The Policeman’s Lineage, Ketika Polisi Berdiri di Garis Abu-Abu

80
×

Review: The Policeman’s Lineage, Ketika Polisi Berdiri di Garis Abu-Abu

Share this article

LASAK.iD – Kalian penggemar film asal Korea Selatan? Atau justru penggemar dari para aktor dari negeri ginseng dan salah satunya Choi Woo-shik? Jika menyukai keduanya, pecinta film tanah air beruntung karena bisa melihat akting sang aktor di film terbaru.

Film ini berjudul The Policeman’s Lineage dari sutradara Lee Kyoo-man. Dalam film ber-genre drama action crime mystery, aktor Choi Woo-shik akan memerankan karakter polisi muda juga lugu bernama Choi Min-jae. Kepolosan yang membawanya kepada Hwang In-ho (Park Hee-soon), Kepala Provos yang telah lama menyelidiki organisasi internal kepolisian yang adalah organisasi ilegal.

Untuk itu, Hwang In-ho memilih Choi Min-jae ke dalam penyamaran untuk menyelidiki lebih dalam dengan memasukannya di Unit Investigasi Kepolisian Seoul. Di mana kepala unit tersebut Park Kang-yoon (Cho Jin-woong) terlibat organisasi ilegal tersebut. Namun, dirinya tidak tersentuh hukum hingga menjadi kepala unit investigasi.

Kebanyakan film dengan tema yang sama, penonton selalu mendapatkan cerita pada polisi korup, bisnis narkoba atau dendam yang membawanya menjadi peran antagonis. The Policeman’s Lineage melakukannya dengan cara berbeda.

Bae Young-ik, penulis naskahnya membuat konsep polisi berdiri di area abu-abu. Tetap menangkap penjahat tetapi di lain sisi juga berkawan dengan penjahat. Selain memang mengadaptasi dari novel Jepang berjudul Blood of the Policemankarya Joh Sasaki.

Tentu tetap pertahankan jalan cerita asli novelnya, tentang dua karakter yang memiliki cara berbeda dalam memandang apa, siapa dan bagaimana sebenarnya polisi. Namun dari sini keseruan filmnya tercipta.

Bae Young-ik cukup berhasil membuat perasaan penonton serasa ditarik ulur melalui karakter Choi Min-jae yang diperankan Choi Woo-shik. Tak seperti film serupa, yang kebanyakan karakter utama sedikit lebih mudah ditebak penonton. Choi Min-jae menjadi karakter yang cukup sulit untuk ditebak. Apa tetap pada jalur protagonis atau justru berbelok menjadi antagonis pada akhirnya. Itulah yang dalam salah satu dialog filmnya polisi tidak berdiri di sisi putih atau sisi hitam tetapi di sisi abu-abu.

Ini juga yang mungkin menjadi alasan sutradara Lee Kyoo-man memilih Choi Woo-shik untuk memerankan Choi Min-jae. Selain tampan, aktor Choi Woo-shik memiliki 2 karakter wajah yang mendukung untuk peran semacam ini. Satu sisi memiliki ekspresi imut dan polos namun sisi lain bisa berubah menjadi berwibawa ataupun dingin. Tanpa perlu dengan membuat mimik garang. Lebih lagi bisa memerankan seorang psikopat yang memiliki wajah polos namun berbahaya.

Akting dan wajah yang akhirnya bisa mengimbangi lawan mainnya Cho Jin-woong sebagai rekan kerja dalam satuan kepolisian yang sama. Keduanya bukti lain bahwa chemistry yang kuat tak melulu selalu hadir dari film drama percintaan antara pria dan wanita. Chemistry yang kuat pun bisa dibangun oleh pria dengan pria atau wanita dan wanita di genre film tertentu, seperti action misalnya.

Choi Woo-shik dan Cho Jin-woong melakukannya melalui karakter masing-masing, Choi Min-jae dan Park Kang-yoon. Tek-tok, gestur maupun mimik keduanya terbangun baik di The Policeman’s Lineage.

Juga tak boleh terlewatkan para pemain pendukung, yang memperkuat karakter dan nyawa filmnya. Hadir dari aktor seperti Park Myung-hoon sebagai Cha Dong-cheol, Kwon Yul sebagai Na Young-bin, Lee Eol sebagai Seo Joong-ho, Lee Hyun-wook dan beberapa nama lain.

Secara penyajian film ini mengambil sisi lain cerita dengan tema serupa. Tak perlu banyak aksi namun cerita yang diinginkan penulis dan sutradara tersampaikan. Pada akhirnya di sebagian penontonnya menunggu mau menampilkan seperti apalagi cerita dan karakternya di setiap adegan. Dengan kata lain tidak mencoba kehilangan setiap momen filmnya.

Hanya sedikit disayangkan action yang menjadi bagian filmnya. The Policeman’s Lineage tidak menyajikan aksi yang benar-benar aksi, seperti kejar-kejaran, baku tembak atau berdarah-darah. Tetap ada, namun tidak banyak, padahal satu unsur ini yang juga paling ditunggu penonton dari film ber-genre action.

Sebelumnya memang dijelaskan yang diingkan penulis dan sutradara tersampaikan. Namun, butuh berpikir sedikit lebih keras dalam memahami sepenuhnya film ini. Ditambahkan alur yang dibuat dengan maju-mundur. Seperti diketahui alur film seperti ini penonton harus fokus dan juga jeli melihat setiap kalimat, adegan yang merupakan potongan gambar dari masa lalu juga masa depan. Ini juga satu alasan penonton tidak bisa memalingkan pandangan dari layar agar tidak melewatkan momen untuk mendapatkan satu cerita utuh.

Jika disadari pada akhirnya penonton akan mengerti kenapa film ini diberi judul The Policeman’s Lineage. Dan sejauh ini, The Policeman’s Lineage menjadi salah satu film yang rekomen. Terlebih penyuka film dengan genre yang ditawarkan film produksi Leeyang Film tersebut. The Policeman’s Lineage tayang di jaringan CGV Cinemas mulai 26 Januari 2022.

Production company: Leeyang Film
Distributor: Acemaker Movieworks
Cast: Choi Woo-shik (Choi Min-jae), Cho Jin-woong (Park Kang-yoon), Park Hee-soon (Hwang In-ho), Park Myung-hoon (Cha Dong-cheol), Kwon Yul (Na Young-bin), Lee Eol (Seo Joong-ho), Lee Hyun-wook, Park Sang-hoon (Young Choi Min-jae), etc
Director: Lee Kyoo-man
Screenplay: Bae Young-ik
Producers: Leeyang Film
Duration: 1 hours 59 minutes