Review

Review Persepsi: Film Horror-Thriller Rasa Video Game

44
×

Review Persepsi: Film Horror-Thriller Rasa Video Game

Share this article

LASAK.iDPersepsi menjadi film terbaru dari konten original dari Bioskop Online. Tayang mulai 11 Juni 2021, Persepsi berbeda dari tiga film sebelumnya, yang lebih menyajikan kengerian dengan mengusung genre thriller. Menariknya Renaldo Samsara sebagai sutradara sekaligus penulis menyajikan setiap adegan dalam film ini dengan cara berbeda.

Dimana adegan dalam film digambarkan melalui perspektif masing-masing karakter. Jika pada umumnya dilakukan oleh sutradara. Teknik film satu ini dikenal dengan istilah found footage, yang juga sering dijumpai pada video game dan reality show.

Menariknya teknik satu ini akan lebih membawa penonton merasakan sendiri bagaimana sedih, marah dan panik dari karakter, Lingga (Irwansyah), Laila (Hannah Al Rashid), Michael (Nino Fernandez) dan Andrea (Nadine Alexandra). Melalui gerakan tubuh (kaki, tangan, kepala), suara nafas hingga intonasi dialog.

Dibandingkan Hollywood, tanah air memang belum familiar dengan teknik film satu ini. Namun beberapa film maker diketahui pernah menggunakannya sebelum Persepsi seperti yang dilakukan The Mo Brother.

Persepsi pun memiliki tampilan video yang lebih smooth. Berbeda dari kebanyakan film sejenis yang lebih realistis karena lebih sering melakukannya dengan handheld. Patrick Tashadian sebagai penata gambar sempat ungkapkan bahwa dirinya yang sejak awal inginkan hasil seperti video game.

Teknik ini pun bukan tanpa kelemahan. Salah satu yang sering diungkapkan penonton tak jarang dibuat bingung. Hal yang mungkin juga dirasakan penonton. Apalagi gimik asli dari masing-masing karakter dalam film Persepsi ketika menjadi subjek utama untuk found footage dirasa sangatlah kurang. Itulah alasannya perspektif sutradara pun tetap dibutuhkan untuk memperkuat momen.

Unsur yang juga dirasa kurang pada unsur kejut atau jump scare termasuk juga plot twist yang dimunculkan melalui adegan berdarah film ini. Konsep adegannya sendiri sudah jelas namun kurang dalam pendetailan sehingga sedikit mengurangi esensi untuk menimbulkan rasa ngeri dan jantung deg-degan.

Durasi film yang hanya 50 menit seolah menjadi salah satu faktor. Karena untuk produksi film dengan cerita yang kompleks durasi tayang hanya 50 menit terbilang cukup singkat. Seakan ada adegan yang dipotong, memang tidak menimbulkan jumping scene dalam filmnya. Namun tak dipungkiri terkadang mempengaruhi esensi film itu sendiri. Dengan kata lain ada bagian tertentu dalam filmnya yang terkesan nanggung atau belum di optimalkan secara penuh.

Terlepas dari itu semua, film produksi Elior Pictures bersama R1 Pictures tentu pantas mendapatkan apresiasi dari penikmat film tanah air. Karena berani hadirkan tontonan yang berbeda dari sisi visual maupun cerita yang kompleks. Emosi penonton pun berhasil dibuat turun naik seperti roller coaster dari plot twist yang dihadirkan.

Ditambah dengan keempat pemain utamanya Irwansyah, Hannah Al Rashid, Nino Fernandez dan Nadine Alexandra menampilkan akting yang apik serta masing-masing mampu secara kuat mewakili karakternya. Irwansyah yang juga bertindak sebagai produser hadir sebagai Lingga dengan karakter yang arogan, Hannah Al Rashid sebagai Laila dengan karakternya yang bijak, Nino Fernandez sebagai Michael yang kalem namun ambisius dan Nadine Alexandra sebagai Andrea yang memerankan seorang indigo.

Layaknya menonton film Hollywood, Persepsi pun mampu membuat emosi penonton seperti roller coaster hingga terakhir. Pada bagian akhir film kita mendapatkan kejutan lewat post scene credit, yang biasa digunakan film produksi Hollywood.

Adegan yang memperlihatkan semua karakter termasuk Rufus Black (Arifin Putra) membicarakan tentang gimik dari reality show yang dibuatnya sebagai Rufus Black dengan hadiah 1 juta dollar. Kemudian muncul wajah baru lainnya, mulai dari Nirina Zubir hingga Acha Septriasa. Seolah akan ada kelanjutan atau sekuel dari Persepsi kedepannya.

Benar-benar film yang membuat bingung dan penasaran secara bersamaan. Sesuai dengan judulnya yang membangun persepsi di penonton tentang film ini akan seperti apa. Jadi yang penasaran bisa tonton film Persepsi di layanan Bioskop Online dengan harga terjangkau.