Review

Review: Love Distance Relationshi* (LDR)

64
×

Review: Love Distance Relationshi* (LDR)

Share this article

LASAK.iD – Creative Goods Inc baru saja merilis karya terbaru berjudul Love Distance Relationshi* (LDR). Film yang dibintangi oleh Yuki Kato (Ella) dan Dennis Perez (Derrick) hadir sebagai original film dari layanan nonton streaming Maxstream.

Film yang ceritanya ditulis langsung Dennis Perez yang juga pemeran di filmnya, mulai tayang pada 31 Mei 2023. LDR, sesuai dengan judul membawa pengalaman cinta jarak jauh antara karakter Ella dan Derrick karena sebuah keadaan.

LDR sebenarnya menyajikan cerita yang cukup sering digunakan dalam banyak film sebelumnya, baik itu asmara jarak jauh, hubungan orang tua dan anak hingga gambaran orang tua Indonesia yang memegang teguh bibit bebet bobot dalam menilai pasangan anaknya.

Untuk membuatnya berbeda, benang merah filmnya coba digambarkan dengan dua budaya yang berbeda, antara Ella yang adalah orang Indonesia dan Derrick, orang asing yang datang dari Amerika. Hal tersebut mengikuti penulis cerita filmnya Dennis Perez yang memang asli Amerika.

Dennis Perez pun mengembangkan konflik ceritanya untuk lebih luas dengan tetap pada poros yang sama, yaitu Ella sebagai karakter utama wanitanya. Untuk itu, George Timothy sebagai sutradara merepresentasikan dengan lebih sederhana, mencoba menjadikan konflik yang berkembang sebagai bias agar tidak terjebak dalam konflik yang tumpang tindih.

Itulah yang dirasakan bahwa film ini mencoba lebih ringan dalam penyampaian bukan dengan konflik yang kompleks, yang mungkin akan lebih rumit. Tujuannya untuk membuat penonton bisa mencerna dengan baik cerita filmnya. Sekaligus bisa menangkap pesan yang coba disampaikan melalui konflik yang dibangun para karakternya.

George Timothy sepertinya mencoba mempertahankan cerita aslinya yang memang cukup relate dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Hanya saja, apa yang ditawarkan filmnya cukup tumpang tindih, entah dengan tujuan memainkan perasaan penontonnya atau lebih memaksakan.

Ini dapat terlihat dari grafik yang coba dibangun, mulai dari perkenalan, konflik, klimaks hingga akhirnya penyelesaian. Ada momen seperti terburu-buru, namun di momen lainnya justru terbangun dengan lebih lambat.

Hal yang lebih sering ditemukan pada naskah yang memang diperuntukan untuk sebuah produksi panjang yang bersambung, seperti series. Untuk sebuah produksi film, pada hal yang sama grafik yang dibuat turun naik dengan eksekusi yang lebih padat dan lugas, karena hal seperti keterbatasan durasi.

Dikatakan sebelumnya, benang merah yang kemudian menjadi konflik sebenarnya pada hubungan jarak jauh antara karakter utama, Ella dan Derrick. Tentu sesuatu yang kita sebut chemistry antara pemeran utama wanita dan pria seharusnya menjadi fokus utama filmnya.

Namun, pada film LDR justru chemistry yang terbangun lebih baik dan lebih mencuri perhatian antara pemeran utama wanita dengan pemeran pendukung. Di sini, antara Yuki Kato yaitu pemeran Ella dengan Rebecca Klopper yang memerankan adik dari Ella bernama Sekar.

Akting, chemistry dan kebetulan keduanya memiliki perawakan yang cukup mirip membuat keduanya melakukan dengan baik dan berhasil sampai ke penonton. Termasuk beberapa karakter pendukung yang cukup mencuri perhatian.

Sebut saja Icha yang dimainkan oleh Rita Nurmaliza, digambarkan sebagai teman kostan dari Ella dan Sekar menjadi warna lain dari filmnya. Karakter Icha cukup menarik, ketika diawal film penonton akan berpikir sebagai sosok antagonis, namun pada akhirnya sosok pendukung dari karakter protagonis.

Untuk Fadly Faisal memang belum mendapatkan peran yang bisa maksimal menunjukkan akting terbaiknya. Perannya sebagai Dwi sebenarnya bisa saja menjadi cerita berbeda dari filmnya. Justru bisa menjadi sebuah plot twist yang mengejutkan dari sebuah drama romance seperti LDR, yang mungkin jadi poin plus filmnya.

Dibalik plus minus filmnya, Love Distance Relationshi* (LDR) untuk sebuah tontonan hiburan bisa menjadi pilihan. Banyak pesan positif yang disampaikan filmnya untuk penontonnya. Ditambah cerita yang dihadirkan cukup relate dengan kehidupan nyata masyarakat Indonesia. Apalagi filmnya bisa ditonton secara gratis di layanan nonton streaming MAXstream.

Production company: Creative Good Inc.
Distributor: MAXstream
Cast: Yuki Kato (Ella), Dennis Perez (Derrick), Rebecca Klopper (Sekar), Wanda Hamidah (Mama Vina), Fadly Faizal (Dwi), Rita Nurmaliza (Icha), Brianna Simorangkir (Jessica), etc
Director: George Timothy
Screenwriter: Dennis Perez
Producers: George Timothy
Duration: 1 hours 46 minutes