Review

Review: Confidential Assignment 2: International

87
×

Review: Confidential Assignment 2: International

Share this article

LASAK.iD – Film asal negeri ginseng yang paling ditunggu penayangannya tahun ini datang dari judul Confidential Assignment 2: International. Ini menjadi kelanjutan atau sekuel dari film pertama yang tayang di di tahun 2017 silam.

Merupakan film sekuel, karakter seperti Im Chul-ryung (Hyun-bin), Kang Jin-tae (Yu Hae-jin), Park Min-young (Im Yoon-ah) serta beberapa nama lainnya masih dihadirkan. Tak dipungkiri karakter-karakter ini menjadi ikon dari film terdahulu.

Namun, sekuel-nya kini dinahkodai Lee Suk-hoon sebagai sutradara dan Im Sung-soon sebagai penulis. Kehadiran nahkoda baru sebagai penikmat film tentu menantikan sesuatu yang juga baru dari sisi cerita, konflik dan karakter.

Pada karakter, untuk memperkuat pemain lama sutradara dan penulis hadirkan nama baru. Salah satunya aktor Korea-Amerika, Daniel Henney sebagai Jack, agen federal Amerika atau FBI yang ditugaskan untuk menangkap karakter antagonis baru bernama Jang Myung-joon yang dimainkan aktor Jin Sun-kyu.

Benang merah untuk Confidential Assignment 2: International sebenarnya masih pada keterkaitan 2 negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara, yang diwakili oleh dua karakter utamanya, Im Chul-ryung dan Kang Jin-tae. Konflik yang hadir pun masih seputar pengkhianatan internal partai di Korea Utara.

Sebagai sekuel, Im Sung-soon penulisnya kini mencoba memperluas konflik dengan memasukan United State dan FBI sebagai bagian dari konflik. Di mana penjahat baru Jang Myung-joon, mantan kesatuan militer Korea Utara yang membelot dengan membawa uang 1 triliun dollar dalam pelariannya.

Keuntungan yang membuat Jang Myung-joon menjelma menjadi penjahat paling dicari. Tidak hanya oleh Korea Utara tetapi juga dunia. Jumlah uang yang dimiliki Jang Myung-joon bisa berbuat apa saja yang mengancam dunia.

Amerika menjadi pelarian sekaligus memulai bisnis kotornya. Keberadaan Jang Myung-joon di Amerika sekaligus untuk menjemput ilmuwan bernama Kim Chul-soo (Yoon Sang-hwa) untuk membuat rencana besar untuk membalas dendam.

Jang Myung-joon ketika di Amerika sempat tertangkap oleh Jack dan bersiap untuk diadili. Namun, di sisi lain Im Chul-ryung datang dengan kuasa dari negaranya untuk membawa kembali Jang Myung-joon untuk diadili di Korea Utara.

Sayang dalam perjalanan ke bandara tentara bayaran yang disewa Jang Myung-joon berhasil membebaskan dirinya. Setelahnya, Jang Myung-joon bersama ilmuwan Kim Chul-soo terbang ke Korea Selatan. Untuk melanjutkan rencana jahatnya untuk membuat narkoba baru dan senjata kimia mematikan.

Korea Selatan yang menjadi incaran bukanlah tanpa alasan. Jang Myung-joon dan ilmuwan Kim Chul-soo menganggap Korea Selatan ikut bertanggung jawab atas kematian keluarga keduanya. Ketika suaka yang diminta Jang Myung-joon untuk keluarganya ditolak oleh pemerintah Korea Selatan. Membuat keluarganya tertangkap dan dibunuh oleh tentara Korea Utara.

Di saat bersamaan petinggi partai Korea Utara bernama Kim Jung-taek (Jeon Bae-su) juga berada di Korea Selatan. Sesuatu yang memang sudah direncanakan oleh Jang Myung-joon untuk membuatnya berada di Korea Selatan.

Dengan memanfaatkan ketidaktahuan Im Chul-ryung tentang keterkaitan keduanya dengan sebuah organisasi dengan ciri khas anggotanya memiliki tato seekor kadal. Di mana Jang Myung-joon seperti dengan sengaja tertangkap oleh Im Chul-ryung untuk membawanya ke Kim Jung-taek.

Momen yang ditunggu oleh Jang Myung-joon agar bisa membunuh petinggi partai tersebut yang juga mengincar uang 1 triliun dollar untuknya sendiri. Ketidaktahuan yang sempat membuat hubungan persahabatan dengan Kang Jin-tae menjadi renggang.

Juga kepada Jack, karena ketiganya secara bersama-sama membentuk aliansi 3 negara untuk menangkap Jang Myung-joon dengan menyebut diri mereka Avengers. Pada akhirnya kepercayaan satu sama lain membuat ketiganya kembali bekerja sama dan bisa memecahkan kasus besar yang melibatkan Korea Selatan, Korea Utara dan FBI.

Lee Suk-hoon sebagai sutradara dan Im Sung-soon sebagai penulis yang baru tetap membawa chemistry yang kuat dari karakter utamanya, Im Chul-ryung dan Kang Jin-tae. Tak dipungkiri chemistry yang dibangun keduanya pada film pertama sangat berhasil hadirkan keseruan dan meninggalkan kesan di penonton.

Yang mencuri perhatian lebih penikmat film bukan pada aksi kejar-kejaran atau adegan baku tembak. Melainkan dengan kekocakan yang mereka ciptakan di saat bersamaan. Termasuk bersama aktor pendukung lainnya, yaitu Park Min-young yang diperankan oleh idol-actress, Lim Yoon-a.

Bahkan Jack yang dimainkan Daniel Henney tak terlewatkan untuk diselipkan sisi humoris dalam karakternya. Daniel Henney berhasil memainkan perannya dan membangun chemistry yang baik dengan dua pemain terdahulu. Terlihat dengan penonton tak henti-hentinya tertawa ketika keempat karakter utamanya beradu akting dalam satu frame.

Sejak diumumkan akan dibuatkan sekuel-nya, baik penulis, sutradara juga Yoona sendiri sudah mengatakan karakter Park Min-young akan memiliki peranan lebih dari sebelumnya. Park Min-young kini memiliki peranan untuk membantu karakter utamanya, Im Chul-ryung dan Kang Jin-tae.

Sama halnya dengan karakter yang dimainkan Hyun-bin dan  Yu Hae-jin, karakter Park Min-young pun sudah terbentuk sebelumnya. Terutama kebucinan Park Min-young terhadap Im Chul-ryung yang juga mampu hadirkan tawa di penonton.

Sutradara pun tak segan memberikan sisi berbeda dari Park Min-young. Tergambar dari adegan ketika Park Min-young ikut membantu tiga karakter lainnya menangkap Jang Myung-joon. Lee Suk-hoon menonjolkan sisi seksi dan kecantikan dari Park Min-young dengan membuatnya membaur dan menari bersama dengan pengunjung lainnya di sebuah kelab malam.

Kini Yoona memiliki keleluasaan untuk lebih mengeksplor karakter yang dimainkannya. Itulah sebabnya screen time yang didapatkan karakter Park Min-young lebih banyak dari sebelumnya. Ini tak lepas dari akting dari Yoona yang semakin berkembang.

Itu dari sisi karakter dan cerita dari film Confidential Assignment 2: International. Untuk sisi sinematografi juga cukup menark, sutradara Lee Suk-hoon banyak memberikan detail pada adegannya. Angle yang menarik dengan memanfaatkan teknik slow motion, cukup membuat setiap adegan terlihat dramatis. Terutama ketika para pemain melakoni adegan aksi.

Sutradara dan penulis juga membuatnya lebih dari banyak sisi. Itu juga yang dirasakan pada intensitas humor dalam filmnya. Hampir di setiap adegan selalu terselip kelucuan yang membuat penonton benar-benar tertawa.

Tak heran untuk sekuel-nya, adegan aksi yang dibalut dengan kekocakan dari para karakter lebih banyak dan menarik dari film pertama. Hal ini juga yang membuat film ini menjadi box office dengan jutaan penonton hanya dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Selain filmnya sendiri dihuni nama-nama besar aktor dan aktris Korea Selatan.

Meski begitu, Confidential Assignment 2: International tak sepenuhnya sempurna. Ada beberapa kekurangan yang jelas nampak ketika menonton filmnya. Pada cerita filmnya, benang merah ternyata masih pada hal sama, hanya dikembangkan dengan melibatkan latar untuk lokasi dan pemain baru.

Konflik yang dihantarkan pemain sebenarnya pun jelas, hanya saja Confidential Assignment 2: International memberi kesan hanya ingin menampilkan bahwa ini adalah film drama-action. Sehingga konflik yang sebenarnya sempat terlupa, baru menyadari ketika filmnya mendekati klimaks.

Visual effect pendukung untuk 3D dan green screen yang digunakan untuk menunjang banyak adegan khususnya pada bagian aksi cukup terlihat kasar. Penonton yang jeli pasti akan melihat dengan jelas adegan aksi dilakukan di sebuah ruangan dengan memanfaatkan teknik green screen.

Tim visual effect filmnya masih belum smooth dalam membuatnya. Untuk sebagian penonton mungkin hal tersebut tidak masalah dan tidak mengganggu mata ketika melihatnya. Namun, di sebagian penonton yang memang paham, hal tersebut menjadi cukup menggangu.

Kekurangan ini pun sebenarnya tak mengganggu sepenuhnya film ini, karena tertutupi dengan akting yang baik yang dilakoni para aktor dan aktrisnya. Confidential Assignment 2: International bisa menjadi rekomendasi film drama-action Korea Selatan.

Confidential Assignment 2: International tayang perdana di jaringan bioskop CGV tanah air pada 30 September 2022. Film Confidential Assignment 2: International sekaligus menjadi film pembuka dalam rangkaian acara Korea Indonesia Film Festival 2022, yang berlangsung pada 29 September hingga 2 Oktober 2022.

Production company: JK Film
Distributor: CJ Entertainment
Cast: Hyun-bin (Im Chul-ryung), Yu Hae-jin (Kang Jin-tae), Daniel Henney (Jack), Im Yoon-ah (Park Min-young), Jin Sun-kyu (Jang Myung-joon), Jang Young-Nam (Park So-yeon), Park-hoon (Park Sang-wi), etc
Director: Lee Suk-hoon
Screenplay: Im Sung-soon
Producers: Joo Seung-Hwan, Hong A-Reum, Choi Joon-Ho
Duration: 2 hours 9 minutes