Review

Review: 6/45: Lottery Landing On You, Film Penuh Gelak Tawa

68
×

Review: 6/45: Lottery Landing On You, Film Penuh Gelak Tawa

Share this article

LASAK.iD – Penonton tanah air tentu cukup akrab dengan kekhasan cerita dari film juga series yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. Genre drama memang masih menjadi yang teratas untuk difavoritkan penonton.

Film atau series asal Korea Selatan memang memiliki magis-nya tersendiri untuk membuatnya disukai banyak masyarakat dunia. Selain cerita dan deretan aktor juga  aktrisnya, budaya asli yang ditampilkan memang selalu mencuri perhatian penonton.

Industri ini pun selalu produktif, setiap tahun ada puluhan bahkan ratusan judul film dan series dirilis dengan beragam genre. Dari drama yang masih menjadi favorit, untuk thriller yang selalu mencuri perhatian dan masih banyak lagi genre dan turunannya.

Menariknya, dari sekian banyak judul selalu terselip cerita yang menggambarkan dua negara Korea, yaitu Selatan dan Utara. Kebanyakan benang merah cerita yang didapatkan penonton seputar konflik dari dua negara Korea tersebut.

Adaptasi sebagian atau mengambil seutuhnya dari cerita sejarah selalu menjadikan film atau series pada genre action, crime hingga thriller. Untuk sepenuhnya drama bahkan comedy jarang sekali menjadi pilihan utama. Biasanya hanya part kecil dari filmnya.

Namun, langkah berbeda diambil oleh Park Gyu-tae untuk karya terbarunya berjudul 6/45: Lottery Landing On You. Di sini sebagai penulis dan sutradara, Park Gyu-tae tetap membawa benang merah konflik dari dua negara Korea tersebut. Namun, ambience lainnya sepenuhnya dibuat berbeda dari ide liar penulis filmnya.

Pada film 6/45: Lottery Landing On You, penulis mengambil adaptasi dari series terkenal berjudul Crush Landing On You. Dari judul namun diplesetkan, kemudian pada benang merah atau dasar cerita pada series tersebut.

Sedangkan pada keseluruhan cerita bahkan genre yang diusung sangat jauh berbeda. Jika series Crush Landing On You membawa kisah romantis dari dua karakter utama yang dimainkan pasangan suami-istri, Hyun-bin dan Son Ye-jin.

Namun, 6/45: Lottery Landing On You dikemas secara komedi, yang membawa gelak tawa di penonton. Kembali meski secara konflik memang tidak berbeda, tetap menawarkan kompleksitas sama, yang menggambarkan hubungan tidak baik dari kedua negara.

Gelak tawa yang ditawarkan pun tidak hanya di bagian tertentu saja dari filmnya melainkan sepanjang film. Penonton tidak diberikan jeda untuk beristirahat dari tertawa karena kekonyolan yang dihadirkan para karakter. Tak heran film ini mampu membuat penontonnya mengalami kram perut, seperti saat menonton film action atau thriller. Tubuh bereaksi ketika melihat adegan aksi dan berdarah.

Melalui deretan aktor dan aktris yang berperan dalam film 6/45: Lottery Landing On You, seperti Ko Gyung-po (Cheon-woo), Lee Yi-kyung (Ri Yong-ho), Eum Moon-suk (Captain Kang Eun-pyo), Park Se-wan (Yeon-hee), Kwak Dong-yeon (Man-cheol), Kim Min-ho (Cheol-jin) dan Lee Soon-won (Seung-il).

Di sini Park Gyu-tae dianggap tepat dalam memilih deretan aktor dan aktris tersebut untuk bermain di 6/45: Lottery Landing On You. Walau nama-nama ini sebenarnya lebih sering bermain sebagai protagonis dalam genre drama dan antagonis dalam film action.

Namun, secara wajah sebagian besar memiliki aura alami yang langsung bisa membuat orang tersenyum bahkan tertawa. Vibes yang sama seperti melihat aktor comedy atau komedian, yang secara tidak langsung membuat orang lain tertawa tanpa harus melakukan lawakan.

Sebut saja aktor seperti Ko Gyung-po dan Lee Yi-kyung, akting keduanya di beberapa judul series dengan genre drama comedy mendapat apresiasi. Akting yang membekas itulah yang membuat image wajah tampan tetapi lawak melekat pada keduanya hingga kini.

Keberhasilan hadirkan tawa tentu tak lepas dari kualitas akting yang mumpuni dari keduanya. Bersama dengan pemain lainnya pun sukses membangun chemistry untuk melakukan hal serupa dengan merepresentasikan yang diinginkan penulis skenario dan sutradara dari film 6/45: Lottery Landing On You.

Keberanian Park Gyu-tae untuk membuat filmnya berbeda dengan kebanyakan film dengan benang merah serupa pun dirasa sangat tepat. Dua unsur ini yang akhirnya membawa keseimbangan pada filmnya dan membuat penonton tidak ingin melewatkan setiap adegan dalam filmnya.

Komedi yang dihadirkan pun tak sekedar yang begitu saja hadirkan tawa. Penulis banyak menggunakan dark jokes atau komedi hitam, di mana adegan atau dialog yang membuat tawa terselip pesan atau lebih tepatnya sebuah sindiran yang mengena.

Park Gyu-tae memberikan peran dan porsi yang tepat pada setiap karakter. Termasuk dengan peran antagonis, yaitu Kim Kwang-chul yang diperankan aktor Yoon Byung-hee.

Durasi kemunculannya memang lebih sedikit dibandingkan dengan karakter lain. Namun, kehadiran Kim Kwang-chul memberikan bumbu ketegangan sebagai antagonis. Kelucuan tetap ada walau Kim Kwang-chul adalah peran antagonis.

6/45: Lottery Landing On You bisa menjadi rekomendasi tontonan penikmat film tanah air dari serbuan film bergenre horror dan thriller selama beberapa bulan ke belakang.