Program

Berminat Ikutan, Cek Program Kompetisi di Acffest 2022

74
×

Berminat Ikutan, Cek Program Kompetisi di Acffest 2022

Share this article
Gambar oleh Bokskapet dari Pixabay

LASAK.iD – Anti Corruption Film Festival (ACFFEST) kembali dihelat tahun ini. Dalam penyelenggaraannya yang kedelapan, ACFFest 2022 hadir betepatan dengan Indonesia yang tengah menyiapkan perhelatan besar G20 Summit 2022 ”Recover  Together, Recover Stronger”.

Sejalan dengan tema tersebut, ACFFest 2022 kemudian mengusung tema “Berawal Dari Kita, Bangkit dan Bergerak Bersama Lawan Korupsi”. Sebuah pesan yang menggema dengan kampanye tentang awal dari segalanya adalah dari dalam diri dan sejak dini.

ACFFESTT 2022 memiliki program yang dikompetisikan, di antaranya Kompetisi Ide Cerita dan Kompetisi Film Pendek. Pendaftaran kompetisi ini sudah dibuka sejak awal Juni lalu.

Kompetisi Ide Cerita nantinya akan dipilih 5 Ide Cerita Terbaik yang akan mendapatkan fasilitas dana produksi dari KPK dengan total sebesar Rp 30.000.000,-. Pendaftaran program Kompetisi Ide Cerita akan berakhir pada 3 Juli 2022.

Peserta yang terpilih juga berhak mengikuti moviecamp dan pendampingan teknis dari mentor yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara. Dengan demikian diharapkan antusias keikutsertaan generasi muda untuk menyuarakan anti korupsi melalui karya film di ACFFEST 2022,” kata Epi Handayani, Spesialis Kampanye Antikorupsi KPK.

Sementara program Kompetisi Film Pendek, akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kompetisi Film Pendek Fiksi atau Film Pendek Dokumenter. Durasi maksimal untuk film yang didaftarkan adalah 15 menit.

Nantinya di setiap kategori akan dipilih 10 finalis, yang dilanjutkan dengan memilih satu film terbaik untuk masing-masing kategori. Pendaftaran untuk program Kompetisi Film Pendek akan berakhir pada 10 Oktober 2022.

ACFFEST 2022 memiliki sejumlah program lainnya, seperti International Film Screening, Movieday, Webinar dan Awarding Night. ACFFEST sendiri merupakan ajang kreasi, eksibisi dan forum diskusi yang digagas dan dikelola oleh Direktorat Sosialisasi & Kampanye Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Program-program tersebut, telah berkembang sejak ACFFEST pertama kali digelar pada tahun 2013 lalu. Acara ini dibuat dengan tujuan mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif, peduli, serta kritis dengan menuangkan ide ke dalam bentuk audio visual untuk terus berkontribusi dalam upaya mengkampanyekan nilai-nilai anti korupsi (kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, kebenaran dan keadilan).