Event

KPK Luncurkan ACFFest 2021, TikTok Anti-korupsi Jadi Kategori Baru

39
×

KPK Luncurkan ACFFest 2021, TikTok Anti-korupsi Jadi Kategori Baru

Share this article

LASAK.iD – Ajang kreasi, eksibisi dan forum diskusi, Anti Corruption Film Festival (ACFFest) yang digagas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) kembali bergulir. ACFFest 2021 yang menjadi tahun ke-7 mengangkat tema Bangkit Beraksi Berkreasi.

Tema yang related dengan kondisi masyarakat saat ini untuk kembali bangkit, beraksi dan berkreasi walau masih dalam tempurung kekhawatiran. Hal sama berlaku untuk KPK yang kini sedang menghadapi masalah pelik.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, secara garis besar setiap karya mengangkat problema terkait anti korupsi. Namun para peserta dibebaskan untuk menggambarkannya dalam berbagai kejadian dan sudut pandang untuk di kompetisikan dalam film pendek fiksi/komedi, film pendek dokumenter, film pendek animasi dan kategori kompetisi baru yaitu TikTok Anti-korupsi. Dengan durasi 15 menit setiap kategori, kecuali TikTok yang berdurasi 3 menit saja.

Isu yang diangkat tahun ini masih sama seperti sebelumnya. Namun dengan kondisi saat ini seperti covid-19 dan pelayanan publik bisa menjadi isu yang dijadikan ide cerita untuk film“, ungkap Dotty Rahmatiasih selaku Kasatgas Kampanye Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi.

Jika sebelumnya ACFFest menggaet lebih banyak peserta lewat kompetisi vlog. Tahun ini, ACFFest 2021 melakukannya inovasi terbaru yaitu Kompetisi TikTok Anti-korupsi. TikTok menjadi media yang di gandrungi banyak orang, tak terkecuali anak muda. Kaum yang menjadi target utama dari ACFFest untuk berpartisipasi.

TikTok yang saat ini memiliki panayangan video berdurasi 3 menit dirasa cukup untuk membuat video menarik dengan gaya serius ataupun gaya receh“, ungkap Dotty Rahmatiasih.

Penilaiannya dari Kompetisi TikTok Anti-korupsi masih tahap pembicaraan. Akankah nantinya melibatkan pihak TikTok, namun konten kreator tetap menjadi bagian dari tim penjurian.

Penilaian masih dalam pembicaraan akankah melibatkan pihak tik tok atau tidak, namun para konten kreator tentu menjadi jurinya“, tambahnya lagi.

Untuk durasinya pun Kompetisi TikTok Anti-korupsi hanya sekitar 3 menit. Berbeda dengan kategori lainnya yang mencapai 15 menit. Tentu ini menyesuaikan dari medianya itu sendiri, karena TikTok bukan sebuah media menonton video berdurasi panjang. Meski begitu Ini menjadi tantangan tersendiri untuk peserta yang ikut dalam Kompetisi TikTok Anti-korupsi.

Tak ketinggalan proposal ide cerita dengan durasi 10-15 menit yang kembali di kompetisikan. Nantinya 10 proposal terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp30.000.000.-. Sekaligus mengikuti Movie Camp Online dan mendapat pendampingan teknis dari mentor profesional. Kompetisi proposal ide cerita ACFFest 2021 dibuka mulai 1-30 September 2021 dan waktu produksi film selama 2 bulan sejak Oktober-November 2021.

Film–film yang telah selesai di produksi dan diberikan penilaian, kemudian akan diputar pada rangkaian ACFFest Screening Day dan malam penganugerahan ACFFest 2021 mendatang dalam rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Acara ini akan disiarkan di salah satu TV nasional pada bulan Desember mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di media sosial dari ACFFest 2021 atau melalui link ACFFest 2021.