Celebs

Ini Jawaban Pede Jonathan Kuo Saat Ditanya Soal Karya Sendiri

95
×

Ini Jawaban Pede Jonathan Kuo Saat Ditanya Soal Karya Sendiri

Share this article

LASAK.iD – Pianist muda Indonesia, Jonathan Kuo kembali akan menggelar konser bersama dengan Jakarta Sinfonietta, yang mengangkat tema The Russian Connections. Rencananya konser ini akan digelar selama 2 hari, yaitu pada 10 dan 11 April 2021.

Meski Rusia menjadi tajuk utamanya, Jo nyatanya tetap menyertakan salah satu karya dari komponis yang sangat berpengaruh dalam musik klasik, yaitu Mozart. Dalam Konserto untuk piano dan orkestra dalam A Mayor, KV 488–Wolfgang Amadeus Mozart (1756–1791). Sedangkan dua karya lainnya berasal dari komponis Rusia, Simfoni dalam C-Igor Stravinsky (1882–1971) dan Konserto untuk piano dan orkestra dalam C Minor, Op 18–Sergei Rachmaninoff (1873–1943).

Selain memang sangat dikenal di dunia, ketiga karya ini merupakan favorit dari Jo. Menurutnya harmoni yang ditampilkan ketiga sangat ringan didengar. Termasuk untuk mereka yang baru menyukai musik klasik. Walau diakuinya cukup sulit untuk memainkan karya dari ketiga komponis tersebut.

Untuk Jo sendiri yang sudah belajar piano dengan spesialisasi di musik klasik sejak usia dini, ternyata tidak pernah bercita-cita menjadi komponis seperti Mozart, Igor Stravinsky maupun Sergei Rachmaninoff. Hal ini disampaikan Jo pada konferensi media Selasa (23/3) lalu. Dirinya nyaman hanya dengan membawakan karya dari komponis dunia dan tentu dengan kemampuannya.

Saya sih personally tidak mau menjadi komponis. Saya sudah cukup puas mainkan musik yang luar biasa seperti Igor, Rachmaninoff, Mozart. Daripada composing lagu sendiri. Kepuasan saya itu cari musik yang sangat berarti buat saya, seperti musik Rachmaninoff. Ini juga menjadi kesempatan yang bagus untuk mengeksplor untuk banyak orang dan diri sendiri“, ungkap Jo.

Meski begitu Jo juga tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi. Jo mengungkapkan keinginannya untuk berkolaborasi adalah dengan penyanyi. Salah satunya adalah penyanyi muda mezzo soprano Yasashi I Evelyn Pangaribuan.

Saya sih ingin berkolaborasi dengan penyanyi, ada satu penyanyi bagus namanya Yasashi I Evelyn Pangaribuan. Saya sih paling lagi ingin banget sama penyanyi dulu, karena saya kurang bermain dengan penyanyi“, jelas Jo.

Kolaborasi kedua anak muda berbakat ini patut ditunggu pastinya dan penikmat musik khususnya musik klasik tinggal tunggu kabar baiknya saja. Untuk yang terdekat bisa menyaksikan Jonathan Kuo melalui konser The Russian Connections yang akan dilakukam secara live streaming. Tiketnya sudah bisa dibeli dibeli melalui http://loket.com.