AwardsHappening

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia

140
×

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia

Share this article

Kolaborasi Epik Bioskop Online Bersama Festival Film Indonesia 2023

Tim Budi Pekerti
Budi Pekerti

LASAK.ID – Perhelatan Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI)  tidak lepas dari kolaborasi yang dilakukan bersama dengan Bioskop Online. Dimana Bioskop Online kembali berkolaborasi untuk menyediakan platform penjurian FFI di tahun ini. Di tahun kedua dibuatnya platform Ruang Penayangan oleh Andy Yo selaku Vice President of Engineering Bioskop Online, proses penjurian menjadi otomatis dan cepat. Tentunya, perubahan-perubahan yang lebih baik ini berjalan di bawah kepemimpinan Reza Rahadian. Termasuk hadirnya Ruang Penayangan yang membuat proses penjurian lebih terfasilitasi.

Keberadaan ruang penayangan dan fitur voting ini bertujuan memberikan kemudahan bagi anggota asosiasi dan Akademi Citra untuk mengaksesnya secara fleksibel dan aman. Ruang penayangan ini juga memfasilitasi panitia FFI dalam memonitor perkembangan proses menonton dan voting. Mereka dapat melacak jumlah film yang telah ditonton dan jumlah anggota yang sudah melakukan voting dengan mudah. Ruang Penayangan menjadi salah satu dari tiga pencapaian Reza Rahadian selama menjabat sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia, seperti yang ia ungkapkan di Malam Anugerah Piala Citra FFI.

Reza Rahardian
Reza Rahadian sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia (Sumber: Istimewa)

Tahun 2021, bersama dengan beberapa insan perfilman, kami turut mendorong pengukuhan Bapak Film Indonesia H. Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional. Kami juga mendorong terbentuknya Akademi Citra sebagai platform yang mengumpulkan peraih Piala Citra untuk memberikan suara dan menentukan nominasi Festival Film Indonesia sesuai kategori yang pernah diraih. Dan untuk kepentingan penjurian karya-karya film terbaik, kami membuat ruang penayangan FFI untuk memfasilitasi proses tersebut,” ungkap Reza Rahadian

 Baca Juga : Dibintangi Reza Rahadian dan Mikha Tambayong, WeTV Original Kawin Tangan Akan Jadi Tontonan Istimewa

Selaras dengan ungkapan tersebut Ajeng Parameswari sebagai President of Bioskop Online berharap dapat terus berkolaborasi dengan FFI untuk memajukan industri film Tanah Air. “Ini adalah tahun kedua Bioskop Online berpartisipasi aktif dalam menjadi platform dan mentransformasi proses penjurian untuk mendukung penyelenggaraan FFI, dan harapannya bisa berlanjut ke tahun-tahun berikutnya. Karena penyelenggaraan FFI ini sejalan dengan semangat Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia yang berkomitmen untuk mendukung sineas lokal Indonesia dalam mendistribusikan karya-karya  sineas  lokal,  agar  setiap  sineas  memiliki  hak  yang  sama  dalam  menayangkan karya-karya berkualitas kepada penonton yang luas. Kerja sama antara Bioskop Online dan FFI adalah langkah positif untuk terus memajukan industri perfilman di Indonesia dalam memberikan penghargaan kepada para sineas berbakat yang telah berdedikasi dalam berkarya,” ungkap Ajeng.

Dukungan untuk Sineas Lokal Indonesia

Bioskop Online telah menjalankan program-program, salah satunya adalah Jelajah Sinema Indonesia, yang merupakan program yang menayangkan film-film hasil karya dari sineas-sineas lokal. Beberapa di antaranya mengangkat karya yang khas latar di daerah setempat. Program Jelajah  Sinema  Indonesia  juga menayangkan film-film berkualitas yang belum banyak orang tahu,  namun  ramai  dibicarakan  oleh  penikmat  film.

Harapannya,  dengan spirit ini, Bioskop Online bisa terus berkontribusi dalam industri film, termasuk menjadi kolaborator Festival Film Indonesia. Kolaborasi Bioskop Online dan FFI tahun ini telah berjalan sejak pengumuman resmi  daftar  nominasi  FFI  2023  telah  disampaikan  pada  14  Oktober  pukul  16.30  waktu setempat. Dalam FFI 2023, terdapat total 21 kategori pemenang nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra 2023. Setiap kategori ini memiliki 4-7 nominee yang telah dipilih oleh juri dengan kriteria ketat.

Beberapa film dengan jumlah nominasi diraih adalah film Budi Pekerti meraih 17 nominasi, Like & Share meraih 11 nominasi. Selain itu Visinema meraih total 15 nominasi, antara lain melalui  film  Jalan  yang  Jauh  Jangan  Lupa  Pulang  sebanyak  4  nominasi, film Onde Mande sebanyak 2 nominasi, dan film 24 Jam Bersama Gaspar sebanyak 9 nominasi. Beberapa film lain juga meraih nominasi pada Festival Film Indonesia 2023.

 

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x