Art/Gallery

Kiat dari Profesional Desain Interior untuk Mempercantik Hunian Minimalis

289
×

Kiat dari Profesional Desain Interior untuk Mempercantik Hunian Minimalis

Share this article

LASAK.ID – Dewasa ini desain interior rumah mungil dan minimalis semakin diminati. Tidak hanya menciptakan keselarasan antara kegunaan dan penampilan, tetapi juga memungkinkan pemiliknya untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang terbatas. Oleh karena itu, mempertimbangkan renovasi interior adalah suatu hal yang bijak.

Interior Makeover adalah proses transformasi dan perubahan dalam desain dan penataan interior sebuah hunian. Ini sering kali menjadi kebutuhan penting bagi pemilik hunian, terutama mereka yang tinggal di rumah dengan ruang terbatas seperti rumah minimalis. Interior makeover melibatkan serangkaian langkah strategis untuk meningkatkan fungsionalitas, estetika, dan kenyamanan ruangan, sehingga memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia.

Devina Aryanti, seorang profesional desainer interior dan pendiri DVNART dengan pengalaman bertahun-tahun, telah berhasil menciptakan banyak ruang hunian yang efisien tanpa menghilangkan sisi estetiknya. Dalam pandangannya, desain interior adalah seni yang memadukan elemen fungsional dan estetika.

“Saat berhadapan dengan hunian mungil dan minimalis, penting untuk memahami bahwa setiap inci ruang memiliki nilai yang sangat besar. Kreativitas dalam mengoptimalkan penggunaan ruang sangat diperlukan,” ujar Devina.

DVNART Interior (Baca: Devina-Art Interior) adalah konsultan dan kontraktor Make Over Interior yang memberikan layanan terintegrasi sehingga membuahkan hasil akhir make over Interior yang sesuai dengan rencana desain awal.

Salah satu aspek utama dari interior makeover adalah perubahan fungsionalitas (Functional Transformation), yang mencakup merancang ulang tata letak ruangan untuk memastikan penggunaan ruang yang lebih efisien sesuai dengan kebutuhan pemilik. Selain itu, dalam proses makeover ini, elemen-elemen yang tidak diperlukan seringkali dihilangkan untuk mencapai tampilan minimalis yang bersih dan terorganisir, menjadikannya langkah yang dikenal sebagai reduksi dan minimalisme (Declutter & Minimalism). Pemilihan warna dan pencahayaan yang tepat juga menjadi bagian penting dari interior makeover, karena dapat menciptakan suasana yang diinginkan dalam ruangan.

Devina Aryanti, desain interior professional & pendiri DVNART

Salah satu aspek penting dalam desain interior hunian mungil adalah pemilihan furniture yang tepat. Devina menekankan pentingnya memilih furniture yang multifungsi, seperti sofa dengan penyimpanan bawah atau meja makan yang dapat dilipat. “Furniture multifungsi adalah kunci utama untuk memaksimalkan ruang di hunian mungil. Hal tersebut tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam penggunaan ruang tersebut,” tambahnya.

Selain itu, pencahayaan juga berperan penting dalam menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Dengan demikian, penggunaan pencahayaan yang cerdas seperti lampu sorot dan cermin besar yang dapat memantulkan cahaya dapat menjadi pilihan. “Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih terbuka dan luas. Ini adalah trik sederhana namun sangat efektif dalam desain interior hunian mungil,” kata Devina.

Dalam menghadapi tantangan ruang yang terbatas, penggunaan warna dan pola juga menjadi hal dapat disoroti. Pemilihan warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige dapat memberikan tampilan yang bersih dan minimalis pada hunian mungil. Namun, itu tidak berarti harus membosankan. Pemilik hunian bisa menambahkan aksen warna atau pola pada furnitur atau aksesori untuk memberikan sentuhan pribadi.

Selain aspek praktis dalam desain interior, Devina juga memahami pentingnya keseimbangan antara fungsionalitas dan estetika. “Hunian mungil tidak harus kehilangan sentuhan keindahan. Saat merancang desain interior, kami selalu berusaha menciptakan ruang yang indah dan nyaman bagi klien kami,” katanya.

DVNART, studio desain interior yang didirikan oleh Devina Aryanti, telah mencatatkan kesuksesan besar dalam menciptakan hunian mungil dan minimalis yang unik dan menarik. Mereka telah melayani berbagai klien dengan kebutuhan dan selera yang beragam, tetapi tetap mempertahankan prinsip-prinsip desain interior yang telah sukses terbukti.

Dalam mengakhiri pembicaraannya, Devina Aryanti menekankan pentingnya berkolaborasi dengan klien. “Ketika kami bekerja pada hunian mungil dan minimalis, kolaborasi dengan klien sangat penting. Kami perlu memahami kebutuhan mereka, gaya hidup, dan prioritas mereka dalam menciptakan ruang yang sempurna,” tutupnya.

Dengan peran yang semakin penting dalam menciptakan hunian mungil dan minimalis yang fungsional dan menawan, desain interior terus menjadi bagian integral dalam perencanaan rumah. Pandangan dan wawasan dari Devina Aryanti, pendiri DVNART, mampu membuka jalan bagi pemilik rumah untuk memaksimalkan potensi hunian mungil mereka tanpa mengorbankan estetika.