Art/Gallery

artina•Sarinah Kembali Dengan Edisi #2 Bertajuk Matrajiva

107
×

artina•Sarinah Kembali Dengan Edisi #2 Bertajuk Matrajiva

Share this article

LASAK.iD – Sejak kembali dibuka pada Maret 2022 lalu, Sarinah hadir dengan wajah baru sebagai destinasi yang tidak hanya sebuah tempat berbelanja tetapi juga menjelma sebagai destinasi wisata baru di Jakarta.

Sejak diluncurkan, hingga saat ini, kehadiran artina di Sarinah mendapatkan respon yang sangat positif dari para seniman, pelaku industri kreatif, terlebih lagi masyarakat. Transformasi Sarinah sebagai panggung karya Indonesia, tidak hanya menjadikan tempat ini sebagai destinasi belanja, tetapi juga menjadi destinasi wisata“, ungkap Fetty Kwartati, Direktur Utama Sarinah.

Satu sisi lain Sarinah menjelma sebagai pusat dari community dalam menelisik dan menampilkan kembali keragaman khazanah penciptaan yang berbasis pada kesenian dan kebudayaan di Indonesia.

Tempat bernama artina menjadi ruang untuk mengekspresikan seni dan budaya melalui rangkaian pameran yang menampilkan karya-karya seniman kontemporer. Program tetap yang diadakan setiap tiga bulan dengan mengusung nama artina.Sarinah.

Hadir dengan tema berbeda setiap edisi namun selalu kental akan seni dan budaya. Gelaran kedua kalinya artina.Sarinah kini mengusung tema matrajiva, yang memiliki makna matra: dimensi dan jiva: spirit/ruh.

Di mana, fokusnya kini pada beragam ekspresi artistik yang merepresentasikan berbagai dimensi spiritualitas maupun religiusitas dalam kehidupan masyarakat Nusantara.

Tema matrajiva terinspirasi dari keragaman budaya Nusantara yang sarat akan nilai-nilai spiritual. Tak hanya itu, kami melihat saat ini seni menjadi manifestasi dari kepercayaan pada sesuatu yang lebih besar dari dalam diri manusia, sekaligus memanifestasikan tanggung jawab sosial seniman terhadap lingkungan dan masyarakatnya”, ungkap Heri Pemad, Inisiator dan Direktur Artistik artina dalam acara seremoni pembukaan artina•Sarinah #2: matrajiva.

Di bawah arahan dua Kurator, Agung Hujatnika dan Bob Edrian, proses kurasi mempertimbangkan berbagai aspek dengan cermat untuk menampilkan bagaimana spiritualitas dan religiusitas menyatu dengan nilai-nilai moral, dalam kebudayaan dan kesenian di Indonesia.

Spiritual merupakan akar dari kesenian dan hal yang prinsipil dalam diri kita semua. Apalagi dalam praktek seni, sejarah kebudayaan nusantara sangat dekat dengan ritual, dengan praktek keagamaan, dengan ajaran-ajaran yang menunjukan Indonesia punya kapasitas untuk mencari sesuatu yang lebih besar, lebih agung“, ungkap Agung Hujatnika.

Pameran ini kami melihat spiritualitas sekarang ini sudah mengalami perluasan yang luar biasa, punya spectrum yang sangat luas beririsan dengan berbagai hal, seperti sains, teknologi dan kebudayaan lokal. Pengunjung bisa melihat ekspresi artistik dari seniman-seniman artina kali ini sungguh beragam“, tambahnya.

22 seniman yang terlibat:

Sebagai sebuah festival seni kontemporer, artina memberikan ruang bagi berbagai bentuk praktik dan pemaknaan seni kontemporer lintas disiplin, termasuk seni pertunjukan. Tak hanya itu, dalam penyelenggaraannya, artina juga menghadirkan sejumlah program seperti edutainment tour untuk pelajar, mahasiswa, korporasi dan wisatawan domestik serta mancanegara, gelar wicara bersama seniman serta loka karya seni yang terbuka untuk umum.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menyampaikan, “Saya sangat terkesan dengan penyelenggaraan artina yang telah sampai pada edisi kedua ini. Tema matrajiva mengajak kita untuk melihat lebih jauh budaya Indonesia dari perspektif spiritualitas dan religiusitas, aspek yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Saya berharap artina dapat diselenggarakan secara rutin sehinngga dapat memperkenalkan budaya Nusantara dengan pendekatan yang berbeda.”

artina•Sarinah #2: matrajiva berlangsung mulai 4 Maret – 31 Mei 2023, dari jam 10.00 – 22.00. Selama periode pameran, publik juga dapat mengikuti sejumlah program seperti kuratorial tur, gelar wicara seniman dan lokakarya. Tiket artina•Sarinah masuk artina dapat melalui loket.com atau secara langsung di lokasi pameran.

Morine Rociana, Direktur Utama Mojisa Creative (penyelenggara pameran), menyampaikan, “Tidak hanya menjadi alternatif hiburan di ibukota, kehadiran artina.Sarinah juga menjadi wadah edukasi. Pameran ini terbuka untuk semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas dan masyarakat umum”.