Otomotif

Optimalisasi Kelistrikan Mobil Lama

86
×

Optimalisasi Kelistrikan Mobil Lama

Share this article

LASAK.iD – Di  era modern, dimana mesin mobil di atur oleh Electronic Control Unit (ECU), sistem kelistrikan mobil merupakan hal yang sangat penting. Seiring bertambahnya usia mobil, sistem kelistrikan akan mengalami penurunan performa dikarenakan penurunan kualitas kabel, socket dan komponen lainnya.

Karena itu, untuk mobil injeksi di atas 10 tahun, dapat dilakukan beberapa langkah seperti memasang tambahan ground cable dari terminal accu ke alternator dan dari accu ke firewall. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menambah relay untuk lampu utama.

Menurut Achien, dari bengkel Dukun kabel, faktor usia mobil juga mempengaruhi penurunan kondisi altenator. “Jika voltase altenator saat mesin nyala sudah di bawah 13 Volt, segera servis Alternator anda,” jelas Achien.

Sementara untuk kinerja ECU yang ideal, voltase yang baik adalah  sekitar 13,5 – 14,2 V. Tarikan pada voltase rata-rata 14 Volt akan terasa lebih enak daripada voltase rata-rata di 13,5 V, sehingga konsumsi BBM juga lebih irit. (Ard)