Sport

Cetak Sejarah, Jeka Saragih Masuk Final Road To UFC

54
×

Cetak Sejarah, Jeka Saragih Masuk Final Road To UFC

Share this article

LASAK.iD – Jeka Saragih, menorehkan sejarah dengan menjadi petarung UFC Indonesia pertama yang berhasil masuk ke final Road To UFC. Setelah berhasil menang KO di ronde pertama pada menit 2.41 mengalahkan petarung asal Korea Selatan Ki Won-Bin. Pertarungan yang disiarkan langsung oleh Mola dihelat pada Minggu, 23 Oktober 2022, di Etihad Arena, Abu Dhabi.

Usai pertandingan, dalam wawancaranya dengan pihak UFC, Jeka Saragih mengatakan bahwa ia sangat senang bisa menerapkan semua jurus selama latihan dalam pertandingan.

Tidak ada yang merupakan pukulan beruntung, semua gerakan dan serangan sudah dilatih dan didesain saat berlatih di Amerika Serikat bersama coach Marc Fiore. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena semua pengorbanan terbayarkan dengan hasil yang manis,” ungkap Jeka.

Saya bangga, saya bisa membuktikan bahwa petarung Indonesia patut diperhitungkan. Setelah ini, saya akan istirahat sejenak, dan kembali berlatih keras untuk menghadapi lawan di final Road To UFC nanti,” tambah Jeka.

Perwakilan Mola Mirwan Suwarso mengucapkan selamat atas kemenangan Jeka di semifinal Road To UFC. Berharap kedepannya bisa menemukan petarung seperti Jeka Saragih.

Kami bahagia pelatihan yang kami berikan selama kurang lebih dua bulan di Amerika Serikat ternyata membawa manfaat bagi Jeka, dan semoga bisa terus memicu Jeka mengejar prestasi di kancah internasional. Mola berkomitmen akan terus mendukung persiapan Jeka dengan melanjutkan training camp-nya bersama Coach Fiore di San Diego hingga bertarung di laga final Road To UFC, dan semoga ke depannya kita bisa menemukan banyak “Jeka Saragih” lagi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia MMA,” kata Mirwan.

Dalam wawancara terpisah Jeka mengungkapkan bahwa latihannya selama dua bulan di Amerika Serikat yang disponsori Mola, banyak mengubah dirinya. Selain keahlian MMA, mental maupun kesiplinan dirinya pun turut dilatih.

Mental saya benar-benar diuji, karena di sana saya berlatih bersama para petarung UFC dan Cage Warrior. Selain itu, saya selalu menjaga kedisiplinan selama training camp, agar tidak hilang fokus. Mulai dari makan, istirahat dan latihan, saya lakukan dengan disiplin. Pengalaman saya berlatih di Amerika betul-betul membantu saya memenangkan pertarungan semifinal ini,” tegas Jeka.

Road to UFC adalah ajang pertandingan yang memberikan peluang bagi petarung-petarung terbaik Asia untuk mendapatkan kontrak di UFC. Kevin Chang, UFC Senior Vice President and Head of Asia menegaskan, tinggal satu langkah lagi bagi Jeka untuk mendapatkan kontrak UFC.

“Jeka Saragih sudah punya dua penampilan luar biasa di turnamen pembukaan dan semifinal Road to UFC. Dengan kemenangan malam ini, dia berkesempatan ke final di divisi kelas ringan, di mana dia akan bersaing menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan kontrak UFC,” ungkap Kevin (23/10) kepada rekan-rekan media Indonesia yang bertugas langsung di Etihad Arena, Abu Dhabi.

Selanjutnya, Jeka Saragih akan maju ke babak final Road To UFC, melawan petarung India, Anshul Jubli.