Sewaktu Piknik

Ingin Menginap di Hotel Kapsul? Baca Dulu Tips di Bawah Ini

400
×

Ingin Menginap di Hotel Kapsul? Baca Dulu Tips di Bawah Ini

Share this article

SEWAKTU PIKNIK – Hotel Kapsul | Backpackermania pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hotel kapsul, konsep penginapan ala Jepang yang mulai dikenal di Indonesia satu tahun belakangan ini. Di Jepang, hotel ini dikenal dengan nama Kapuseru Hoteru semula disediakan untuk akomodasi pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja keesokan paginya. Maka tidak heran, ciri utama hotel jenis ini adalah harga yang ekonomis, dan ramah kantong bagi para traveler. Meski hanya menyediakan fasilitas standar, namun untuk pelayanan hotel kapsul tidak mengecewakan. Penasaran? Yuk baca-baca beberapa hal menarik tentang hotel kapsul versi lasak.id.

  1. Ruangan 2 x 1

Jangan kaget, begitu menemukan kamar yang kamu sewa hanya seukuran satu kasur single. Ya, karena konsep hotel kapsul hanya untuk menginap, jadi kebutuhan utama adalah ruangan untuk tidur. Namun tidak usah khawatir, meski kecil, kasur dan bantal yang tersedia sangat nyaman, tidak kalah dari hotel berbintang.

Variasi kamar 2×1

Meski identik dengan istilah kamar 2×1, namun sejumlah hotel kapsul juga menyediakan ruangan yang lebih luas, 2 x 3 atau 2 x 4 meter.

Tips: Siapkan diri jika memiliki phobia terhadap ruangan sempit atau tertutup. Memberanikan diri menginap di hotel ini bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi ketakutan tersebut.

  1. Desain Interior Modern dan Multifungsi Hotel Kapsul

Hotel kapsul biasanya di desain dengan gaya modern dan multi fungsi. Di ruangan yang hanya berukuran 2 x 1 tersebut, sudah tersedia beberapa laci penyimpanan, meja dinding yang bisa digunakan untuk bekerja dan dirapatkan kembali ke dinding bila tidak digunakan, gantungan baju, kebutuhan stop contact,  lampu baca dan lampu tidur, serta locker di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang berharga. Desain multifungsi tersebut dipastikan agar pengunjung dapat menginap dengan nyaman dan tidak terganggu dengan barang-barang yang berantakan.

Karena mengadopsi konsep Jepang, sebagian besar ruang tidur Hotel Kapsul menggunakan material dari kayu.

Multifungsi interior ruangan

Tips: Hindari membawa banyak barang. Meski tersedia locker, laci dan rak penyimpanan, namun ukurannya tidak begitu besar, hanya untuk menyimpan ransel/ koper ukuran standar. Bila bawaan dalam jumlah banyak tak terhindarkan, kamu dapat menyewa locker hotel kapsul tambahan dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Kamar Mandi Bersama

Berbeda dengan hotel yang memiliki kamar mandi pribadi, menginap di Hotel Kapsul kamu harus bersiap-siap dengan kamar mandi bersama. Tapi jangan khawatir, Hotel Kapsul di Indonesia sudah memisahkan antara blok perempuan dan laki-laki. Jadi pengunjung wanita tidak perlu khawatir akan kepergok laki-laki saat menuju kamar mandi tapi dalam kondisi masih awut-awutan 😉

Kamar mandi bersama tamu hotel kapsul

Tips: Bawa perlengkapan mandi sendiri karena tidak semua hotel kapsul menyediakan perlengkapan mandi.

  1. Kualitas Pelayanan

Pelayanan ramah, suasana nyaman, ruangan dan fasilitas lainnya bersih. Itulah beberapa nilai plus yang akan kamu temukan di hotel kapsul. Hotel kapsul dikelola oleh anak-anak muda yang dibekali dengan mindset untuk maju, mengikuti perkembangan zaman dan disiplin. Kebersihan dan kenyamanan pengunjung tetap diutamakan.

Pelayanan yang maksimal

Tips: Jangan lupa berikan senyum atas setiap bantuan yang diberikan petugas hotel.

  1. Tangga

Meski hotel jenis ini memiliki kamar yang tersebar hingga lantai 4 atau lima, tapi kebanyakan hotel kapsul tidak memiliki lift. Satu-satunya cara menuju kamar adalah dengan menaiki tangga yang tersedia.

Tips: Hindari koper atau barang bawaan jinjing. Usahakan bepergian dengan menggunakan ransel atau tas yang praktis sehingga tidak merepotkan bila harus menaiki tangga.

  1. Harga Ekonomis

Salah satu alasan pengunjung memilih hotel kapsul adalah harga yang ekonomis. Satu malam menginap di hotel kapsul bisa dinikmati mulai dengan Rp. 100.000 saja.

Tips: meski melakukan reservasi lewat online, biasanya sejumlah hotel kapsul tetap membutuhkan deposit pada saat check in, jangan lupa sediakan uang cash.

  1. Bertemu Teman Baru

Karena satu ruangan memiliki 10 – 20 ruang tidur, maka besar kemungkinan kamu akan bertemu traveler dari daerah lain yang menginap di ruangan yang sama. Luangkan waktu untuk saling berkenalan, siapa tahu kalian bisa jadi teman?

Jangan ragu untuk bertegur sapa saat sarapan atau makan malam

Tips: Jangan ragu untuk saling menyapa dengan orang asing. Bila ingin bertukar cerita, cukup bahas hal-hal yang bersifat umum saja, seperti yang ke khas an kota asal masing-masing. HIndari memberikan informasi yang bersifat pribadi.

Yuk baca juga artikel menarik lainnya di lasak.id

Penulis: Nila

Editor : MzR

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x