Review

Review: Road to Boston, Mengharu Biru Untuk Sebuah Pengakuan

82
×

Review: Road to Boston, Mengharu Biru Untuk Sebuah Pengakuan

Share this article

LASAK.iD – Korea Selatan selain dikenal dengan musik khasnya K-Pop, juga dengan series televisi dan filmnya yang lekat dengan genre drama romance. Dikemas dengan penggambaran masa kini tetapi juga dengan gaya kolosal atau sageuk dalam istilah Korea Selatan.

Seiring dengan persaingan industri perfilman terutama kawasan Asia, negeri ginseng terus mendobrak kemampuannya dengan memproduksi genre beragam di beberapa tahun belakang, mulai dari genre thriller hingga fantasy.

Namun, Korea Selatan melalui produksi layar lebar juga cukup sering merilis film yang erat kaitannya dengan sejarah bangsanya. Tergambar dalam film dari sutradara Kang Je-kyu dan ditulis oleh Lee Sang-hyun berjudul Road to Boston.

Film yang menampilkan Son Kee-jung (Ha Jung-woo), Suh Yun-bok (Yim Si-wan) dan Nam Seung-ryong (Bae Seong-woo), yang berhasil membawa bendera dan negara Korea Selatan dikenal dunia melalui perhelatan lari maraton berkaliber dunia di Boston, Amerika.

Road to Boston merupakan film drama biographical sports yang berlatar negara Korea Selatan di tahun 1947. Masa pasca berakhirnya Perang Dunia II, di mana Korea Selatan mencari pengakuan dunia akan keberadaan negaranya yang merdeka.

Saat itu, Korea Selatan masih di bawah bayang-bayang Amerika, yang membuat banyak warga Korea Selatan pada saat itu mencoba peruntungan dengan pergi ke Amerika. Hanya saja keberadaan mereka dianggap sebagai warga pengungsi bukan warga dari negara berdaulat. Mirisnya mereka lebih dikenal sebagai orang Jepang atau Cina.

Perjuangan untuk mendapatkan pengakuan dilakukan dengan berbagai cara. Film Road to Boston menceritakan dari sisi olahraga, dengan mengikuti perlombaan lari maraton dunia yang berlangsung di Boston tahun 1947. Saat itu, dianggap negara dari belahan dunia ketiga, bahkan dianggap remeh oleh komentator sejak awal.

Namun, Suh Yun-bok yang bertubuh lebih kecil dari orang Amerika dan Eropa membuktikan dengan finish di posisi pertama menggeser juara bertahan. Bahkan catatan waktunya memecahkan rekor dunia baru. Selain Suh Yun-bok berlari dengan bendera Korea Selatan didadanya.

Akhir perlombaan berkumandangnya lagu nasional dan berkibarnya bendera Korea Selatan dihadapan ratusan mungkin ribuan delegasi negara di dunia.

Review

 

Road to Boston ditulis dan dikemas secara epik oleh penulis Lee Sang-hyun dan sutradara Kang Je-kyu. Pembuatan setiap bagian filmnya dari cerita, akting maupun sinematografi terlihat dilakukan secara total. Untuk menggambarkan momen dari beberapa tahun yang ditampilkan, yaitu 1936 dan 1947.

Diceritakan cukup panjang selama 113 menit, Road to Boston mampu menggugah siapa saja yang menonton. Terhanyut dalam setiap bagian cerita filmnya akan perjuangan ketiga atlet lari Korea Selatan melalui akting Ha Jung-woo, Yim Si-wan dan Bae Seong-woo.

Akting ketiganya mampu membuat penonton meneteskan air mata bahkan bulu kuduk merinding tapi bukan ketakutan tetapi rasa haru. Bahkan idol-actor, Yim Si-wan secara total menurunkan berat badannya, demi mirip dengan tokoh yang diperankannya, Suh Yun-bok.

Film ini pun bukan tanpa kekurangan, tetapi setiap elemen filmnya saling berkesinambungan cukup baik, jadi tidak untuk mengkritik pedas filmnya. Sehingga penonton cukup enjoy dan pandangan tidak teralihkan untuk menikmati setiap adegan filmnya.

Hal lain yang bisa ditemukan dari film Road to Boston yang menjadikannya mengena di penonton Indonesia. Film ini terjadi di sekitar tahun 1947, tahun-tahun pasca kemerdekaan untuk Indonesia dan Korea Selatan yang merdeka di bulan dan tahun yang sama, yaitu Agustus 1945.

Momen yang didapatkan setelah Jepang, negara yang menjajah Indonesia dan Korea Selatan mengaku menyerah atas sekutu di tahun yang sama. Tahun-tahun setelahnya perjuangan yang cukup sulit untuk mendapatkan pengakuan dunia atas kemerdekaan kedua negara.

Road to Boston akan tayang di bioskop (jaringan CGV) pada 4 Oktober 2023 mendatang.

Production company: BA Entertainment, Big Picture, Hipwell International Production Services, Michigan Venture Capital,Saetbyeol
Distributor: Lotte Cultureworks
Cast: Ha Jung-woo (Son Kee-jung), Yim Si-wan (Suh Yun-bok), Bae Seong-woo (Nam Seung-ryong), Kim Sang-ho (Baek Nam-hyeon), Oh Hee-joon (Dong-gu), Park Eun-bin (Ok-rim), Seo Jeong-yeon (Suh Yun-bok’s Mother), etc
Director: Kang Je-kyu
Screenwriter: Lee Sang-hyun
Producers: John Hipwell, Pieldo ‘Kevin’ Jun, Jang Won-seok
Duration1 hours 53 minutes