Review

Review: Sing 2, Kisah Berlanjut Dari Moon Theater Taklukan Redshore City

73
×

Review: Sing 2, Kisah Berlanjut Dari Moon Theater Taklukan Redshore City

Share this article

LASAK.iD – Sukses besar diraih film animasi musikal berjudul Sing yang dirilis pada 2016. Garth Jennings sebagai sutradara dan penulis membawa ke kisah berlanjut melalui sekuel-nya setelah 5 tahun. Karakter yang solid dari Moon Buster (Matthew McConaughey), Rosita (Reese Witherspoon), Ash (Scarlett Johansson), Johnny (Taron Egerton), Meena (Tori Kelly), Gunter (Nick Kroll) serta Miss Crawly (Garth Jennings) tetap dipertahankan sebagai subjek utama.

Sing 2 membawa penonton pada kisah yang lebih luas dan konflik yang lebih kompleks. Di mana kali ini Moon Buster memilki ambisi lebih besar untuk dirinya dan kelompok teater besutannya. Untuk mendorong lebih kemampuan mereka dalam bernyanyi untuk sebuah pertunjukan bercerita yaitu teater musikal.

Akhirnya membawa mereka ke kota bernama Redshore City. Kota berkumpulnya segala bentuk seni pertunjukan. Dan di kota inilah terdapat Crystal Tower Theater yang terkenal. Panggung pertunjukan yang menjadi bagian dari Crystal Entertainment yang dimiliki oleh taipan bernama Jimmy Crystal (Bobby Cannavale). Sosok yang memiliki selera tinggi untuk sebuah seni pertunjukan.

Tetap pada musik dan lagu sebagai garis besarnya, Sing 2 membawa tontonan menghibur dalam suguhan layaknya drama musikal. Di saat bersamaan sensasinya seperti menonton sebuah konser musik. Dan lagi-lagi, beberapa pengisi suara, seperti Scarlett Johansson pengisi suara karakter landak bernama Ash yang notaben bukan penyanyi berhasil melakukannya.

Diketahui di Sing 2 ada total sekitar 40 lagu yang diputar sepanjang film. Jumlah yang memang lebih sedikit dari film sebelumnya yang mencapai 60 judul lagu. Namun jika menilik dari kepopuleran, tak sedikit lagu-lagu tersebut menjadi trending akhir-akhir ini.

Salah satunya hadir dari grup K-Pop, yaitu BTS berjudul Not Today yang digubah ke dalam bahasa inggris. Ada juga lagu dari musisi Billie Eilish, Drake, The Weeknd, Prince, Taylor Swift, Cardi B, Bad Bunny, J Balvin, Shawn Mendes hingga Camila Cabello.

Tak ketinggalan legenda musik, U2 yang beberapa lagunya ikut dinyanyikan. Termasuk lagu terbaru mereka berjudul Your Song Saved My Life, yang dibuat khusus untuk film Sing 2.

Poin dari franchise film Sing yang dijadikan daya tarik. Lebih dari itu, poin ini juga yang menjadi penguat dan media untuk mewakili konflik yang dialami atau perasaan dari setiap karakter. Selain utamanya adalah mimik dan gestur tubuh.

Dari inilah baik di filmnya yang pertama dan kini untuk sekuel-nya, Garth Jennings yang kembali menjadi sutradara dan penulis mampu menyampaikan apa yang diinginkan filmnya ke penonton. Tak sedikit momen-momen dari beberapa karakternya mampu membuat penonton terbawa seakan merasakannya juga.

Contoh pada karakter Meena, dalam pertunjukan Out of this World mendapatkan konsep cerita sebagai pasangan romantis. Karena tidak pernah jatuh cinta, Meena sulit membangun chemistry dengan pasangannya Darius (Eric Andre).

Kemudian Meena bertemu dengan Alfonso (Pharrell Williams) penjual ice cream di sekitar gedung teater, yang kemudian membuatnya jatuh cinta. Saking bucinnya, Meena sampai membayangkan Darius sebagai Alfonso ketika tampil.

Garth Jennings tak sekedar menampilkan setiap adegan begitu saja. Sing 2 yang kembali membawa unsur komedi membuat adegan Meena dan banyak adegan lain menjadi menghibur hingga mengundang senyum dan tawa penonton.

Begitu juga drama dengan cerita yang menyentuh, ada goosebumps moment yang dirasakan penonton. Terlebih di sisa filmnya atau momen ketika mereka melakukan pertunjukan ilmiah Out of this World. Walau sebuah produksi animasi tetapi mampu membuat berbagai perasaan di penontonnya.

Bisa dikatakan 3/4 filmnya penonton dibawa ke suasana tegang namun mengundang tawa dan klimaks-nya penonton akan merasakan suasana haru nan menghibur lewat pertunjukan dengan menampilkan berbagai lagu-lagu hits.

Film animasi selalu identik dengan penonton anak-anak. Namun, penulis sebagai aktor dibalik penyajian konfliknya sering kali melakukannya beragam. Ada konflik ringan yang dekat dan dimengerti anak-anak, ada juga konflik yang kompleks yang lebih condong ke orang dewasa dan ada pula kombinasi keduanya.

Sing 2 melakukannya secara kombinasi, konflik yang kompleks orang dewasa tetapi dibalut musik dari lagu-lagu musisi dunia yang memang familiar. Sehingga terasa ringan untuk masuk ke dalam imajinasi anak-anak. Sehingga menyenangkan untuk ditonton.

Film ini juga bukan tanpa kekurangan, Garth Jennings cukup pintar menutupinya dengan adegan atau momen menarik yang disajikan.

Production company: Illumination
Distributor: Universal Pictures
Cast: Matthew McConaughey (Moon Buster), Reese Witherspoon (Rosita), Scarlett Johansson (Ash), Taron Egerton (Johnny), Tori Kelly (Meena), Nick Kroll (Gunter), Garth Jennings (Miss Crawly), Bobby Cannavale (Jimmy Crystal), Bono (Clay Calloway), Halsey (Porsha), Letitia Wright (Nooshy), etc
Director: Garth Jennings
Screenplay: Garth Jennings
Producers: Chris Meledandri, Janet Healy
Duration: 1 hours 50 minutes