Review

Review: Retribution, Film Aksi dengan Pesan Keluarga Mendalam

69
×

Review: Retribution, Film Aksi dengan Pesan Keluarga Mendalam

Share this article

LASAK.iDRetribution menjadi film terbaru dari aktor Liem Neeson, yang kembali dipercaya untuk memerankan karakter utama bernama Matt Turner. Liem Neeson kembali bermain dalam film produksi Alex Heineman dan Andrew Rona yang sebelumnya juga memproduseri film dari sang aktor, Non-Stop (2014) dan The Commuter (2018).

Akting yang berhasil dari Liem Neeson yang sepertinya membuat kedua produser kepincut untuk kembali menggandeng sang aktor dalam film terbaru keduanya berjudul Retribution. Apalagi Liem Nesson dengan karakter wajah serius dan suara yang deep cocok berperan dalam film dengan genre yang melibatkan aksi.

Selain itu, karakternya sebagai super dad di beberapa judul filmnya terdahulu cukup berhasil dan cukup membekas. Lagi-lagi ditunjukkan sang aktor dalam film Retribution dalam perannya sebagai Matt Turner, sosok ayah dari dua orang anaknya, Zach Turner (Jack Champion) dan Emily Turner (Lilly Aspel).

Trigger akan aksi dalam filmnya, ditunjukkan pada sisi karakternya sebagai seorang banker executive sukses. Pekerjaan yang membawa Matt, keluarga dan sahabatnya terjebak dalam situasi tidak menyenangkan yang mengancam jiwa.

Film dimulai di suatu pagi yang super hectic dari keluarga Matt Turner yang menjalani aktivitas tak seperti biasanya. Matt berselisih opini dengan putra kesayangannya Zach Turner yang tidak ingin berangkat sekolah karena pertengkaran dengan kekasihnya, Mila (Emily Kuschedan). Juga pertengkaran sehari-hari dengan adiknya, Emily Turner.

Jack Champion, Lilly Aspel dan Emily Kuschedan menjadi cast termuda mengingat Retribution bertabur aktor dan aktris senior. Selain dari Liem Nesson, ada juga sosok ibu sekaligus isteri dari Matt Turner, Embeth Davidtz sebagai karakternya, Heather Turner. Pengendali karakter dalam film Retribution yang super menegangkan.

Matt Turner adalah seorang banker executive yang hidup di Berlin, pekerjaannya membuat dia banyak bertemu rekan bisnisnya seperti Anders Muller (Matthew Modine) dan Sylvain (Arian Moayd). Di antara mereka terdapat konflik internal yang menjadi point utama dalam film ini, keberadaan “A mysterious caller” membuat seru alur cerita ini.

Pasalnya dia mengatakan, “if you don’t do exactly what I say today, I’m going to blow the car up and you, and your family, will be killed“. Sebuah dialog yang seolah menjadi trigger untuk memulai ketegangan cerita filmnya melalui adegan per adegan penuh aksi akan dipertontonkan seorang Liem Nesson. Salah satu aktor spesialis film action.

Tanpa melihat bahwa Retribution merupakan remake dari film produksi Spanyol, El Desconocido (2015). Film ini cukup membawa vibes pada film terdahulu sang aktor. Diperkuat lagi bahwa film ini produksi Alex Heineman dan Andrew Rona, produser film sang aktor terdahulu. Dicirikan pada unsur ketegangan, cara membangun karakter juga cerita, sinamtografi dan lainnya yang dipertontonkan filmnya.

Meski begitu, Liem Neeson selalu berhasil membawa sebuah premis yang mungkin sederhana ke level berbeda. Akting sang aktor dalam film dengan genre yang seperti ini cukup untuk bisa dikatakan berhasil. Selain itu, setiap perannya selalu memberikan contoh sebagai figur teladan juga pemeran lainnya, melalui pesan yang ingin disampaikan karakter yang dimainkan.

Matt Turner misalnya, ia sosok Ayah dan pria yang memberikan kesan kurang perhatian terhadap keluarga, namun menunjukkan sisi orang tua (daddy goals) yang kuat dengan membawa secret love dalam keluarga ketika rela berkorban.

Karakter lainnya yang juga menyentuh hati adalah Zach, sosok anak yang terkenal cuek menjadi sangat cinta kepada orang tuanya ketika melihat pengorbanan sang ayah. Tak lupa juga Angela Brickmann sosok leader police (Noma Dumezweni) yang super calm, cool and amazing leader. (by Akmalia Akmal)

Production company: The Picture Company, Ombra Films, TF1 Films Production, Studio Babelsberg, Vaca Films
Distributor: Lionsgate
Cast: Liem Nesson (Matt Turner), Jack Champion (Zach Turner), Lilly Aspell (Emily Turner), Noma Dumezweni (Angela Brickmann), Embeth Davidtz (Heather Turner), Matthew Modine (Anders Muller), Arian Moayed (Sylvain)etc
Director: Nimród Antal
Screenwriter: Chris Salmanpour
Producers: Alex Heineman dan Andrew Rona, Jaume Collet-Serra, Juan Sola
Duration: 1 hours 30 minutes