Rumah Produksi Buku Harianku Ajak Mencuci Tangan Lewat Video Kila
Movie

Rumah Produksi Buku Harianku Ajak Mencuci Tangan Lewat Video Kila 

LASAK.iD – Saat ini dunia memang sedang dilanda ke khawatiran yang besar terkait penyebaran CDC’s Coronavirus Disease 2019 (COVID19). Tak terkecuali di Indonesia, hingga Jum’at (13/3) malam tercatat ada sekitar 69 kasus virus corona. Pemerintah dan lembaga terkait lainnya hingga kini terus berupaya melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Sosialisasi berupa selebaran maupun video edukasi sudah banyak terlihat, seperti mall, jaringan transportasi (Transjakarta, MRT, KRL, bandara), sekolah, kampus dan ruang publik lainnya. Hal mendasar yang disarankan adalah penggunaan masker saat berpergian. Hal lainnya dengan mencuci tangan sebelum memegang makanan maupun area wajah selama 40 detik menggunakan sabun.

Mendukung kampanye tersebut, Bro’s Studio dan BlueSheep Entertainment sebuah video berupa ajakan mencuci tangan yang benar menurut standar para dokter dan World Health Organization (WHO). Video ini menampilkan Kila Putri Alam, pemeran utama film Buku Harianku yang rilis di bioskop mulai 12 Maret 2020.

Untuk lebih menarik, peragakan cara mencuci tangan dilakukan sambil menyanyikan penggalan lagu “Ayo Baris-Berbaris” dengan lirik yang telah dimodifikasi. Lirik asli lagu tersebut bisa didengarkan dalam film dan juga album Kila yang telah rilis secara digital.

Sebagai orang tua dan juga filmmaker yang memiliki medium serta talenta, ini merupakan salah satu cara kami untuk menyampaikan pesan dengan cara edukatif sekaligus menghibur. Harapannya pesan tersebut bisa lebih gampang diterima oleh semua kalangan”, ujar eksekutif produser Andri Putra dari BlueSheep Entertainment.

Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih merupakan salah satu tindakan sanitasi untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit. Sebab tangan kerap menjadi perantara yang membawa kuman atau virus berpindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung ataupun tidak langsung. Idealnya mencuci tangan dilakukan selama minimal 20 detik. Agar tak harus repot menghitung durasi mencuci tangan, bisa juga menggunakan lagu dalam video Ayo Cuci Tangan dari film Buku Harianku.

Segala sesuatu yang sifatnya karena panik itu tidak ada yang bagus hasilnya. Oleh karena itu, sebagai orang tua pendekatan yang sebaiknya dilakukan dalam situasi seperti sekarang adalah pencegahan. Salah satu yang efektif adalah mencuci tangan dengan baik dan benar”, tambah Andri Putra.

Cara menarik yang dilakukan untuk mensosialisasikan bijak mencuci tangan melalui film dan video di kanal youtube. Apalagi film Buku Harianku ini menjadi tontonan untuk semua umur. Dimana orang tua bisa sekaligus mengajarkan dan mengajak anak-anak untuk menjaga kebersihan untuk pencegahan penyakit tidak hanya sebatas pada virus corona saja.

Komentarlah yang bijak

Related posts