Review: Medieval, Legenda Komandan Hussite Jan Žižka
Photo by Stanislav Honzik
Review

Review: Medieval, Legenda Komandan Hussite Jan Žižka 

LASAK.iDLatar (tokoh, cerita, lokasi) Eropa abad pertengahan (5-16 M) atau abad pencerahan (17-18 M) sejak lama menjadi favorit banyak film maker untuk diangkat ke layar lebar. Ada yang mengemasnya sebagai karya fiksi yang meminjam bagian tertentu dari cerita aslinya. Ada juga yang mengambil secara utuh cerita aslinya tentang sebuah kejadian seperti perang atau seorang tokoh heroik.

Salah satunya hadir dari film berjudul Medieval karya sutradara Petr Jákl yang juga menulis untuk filmnya bersama Petr Jakl Sr. dan Petr Bok. Ini merupakan film produksi Republik Ceko yang mengadaptasi kisah pahlawan negara tersebut bernama Jan Žižka z Trocnova a Kalicha atau Jan Žižka.

Komandan Hussite yang tercatat dalam sejarah sebagai pemimpin militer sukses pada masanya, yang tidak pernah kalah dalam pertempuran. Sejarah mengungkap bahwa strategi perang yang tidak ortodoks dan inovatif yang digunakan Jan Žižka yang membuatnya tidak terkalahkan.

Strategi yang diperlihatkan dalam filmnya ketika melawan kelompok tentara bayaran Torak (Roland Møller) dan pengawal dari Rosenberg (Til Schweiger). Strategi yang ternyata menginspirasi pertahanan militer berupa tank di dewasa ini.

Secara umum dan seperti judulnya, penonton melihat Medieval seperti film kolosal lain yang membawa penonton kembali ke abad pertengahan Eropa yang sudah lebih dulu rilis. Kerajaan, pahlawan, konspirasi, kekuasaan dan agama selalu menjadi benang merah utama yang ditampilkan.

Selain itu, kesamaaan Medieval dengan beberapa film kolosal terkait perpindahan scene-nya yang cukup membuat penasaran untuk ditonton sampai selesai. Untuk tahu jalan cerita secara keseluruhan, konflik yang dibangun dan tentu ending dari filmnya.

Dikatakan Petr Jákl sebagai sutradara dan penulis, kisah panjang sejarah dari Jan Žižka untuk filmnya lebih mengambil bagian atau periode awal kehidupannya. Tentang asal muasal dari Jan Žižka hingga terbentuk karakter kuat sebagai salah satu komandan Hussite paling berpengaruh di Republik Ceko bahkan mungkin di Eropa.

Alasan lain karena Petr Jákl ingin menjadikan Medieval berbeda dari film terdahulu berjudul Jan Žižka (1955). Di mana film tersebut lebih menekankan pada sisi kepemimpinan Jan Žižka yang berhasil memenangkan semua pertempuran yang dipimpinnya.

Tapi melihat scene by scene filmnya dalam menggambarkan periode awal kehidupan dari Jan Žižka (Ben Foster) sampai menjadi ksatria dengan karakter leadership dan berani dirasa masih kurang. Ini karena sejak awal filmnya menggambarkan karakter Jan Žižka yang sudah terbentuk atau Jan Žižka dewasa.

Sedangkan adegan prosesnya cukup sedikit ditampilkan, hanya melalui dialog dari karakter Jan Žižka itu sendiri, yaitu adegan ketika ia dan putri Ketherine (Sophie Lowe) terperangkap di goa, Jan Žižka dan kakaknya Jaroslav (William Moseley). Ada juga dari dialog dari karakter pendukung, seperti adegan Torak dengan Raja Sigismund (Matthew Goode) di sebuah gereja.

Saat terperangkap di goa, adegan sebelumnya memperlihatkan mimpi dari Jan Žižka dari masa mudanya yang merupakan flashback sekaligus plot twist dari karakternya. Awalnya Jan Žižka ingin mengabdi kepada kerajaan, karena kekasihnya dibunuh oleh pengawal kerajaan membuatnya berbalik menentang kerajaan menjadi tentara bayaran.

Ini menjadi adegan satu-satunya yang paling menjelaskan terkait keinginan Petr Jákl untuk menggambarkan periode awal kehidupan dari Jan Žižka. Sisanya seperti dikatakan sebelumnya penonton lebih diperlihatkan karakter Jan Žižka yang sudah terbentuk.

Bahkan ada kesan treatment atau plot filmnya membawa penonton seperti melihat Robin Hood lain dari Ceko. Secara penceritaan maupun pengkarakteran dalam filmnya. Tapi yang perlu digarisbawahi kesan kuat ini untuk flow yang diberikan filmnya, karena sejarah dari kedua tokoh tersebut tetaplah berbeda.

Ditambah dengan part akhir atau ending film yang terasa mengambang. Petr Jákl tidak memberikan alasan kuat untuk ending-nya mengena di penonton. Atau sekedar pancingan adegan yang memberi kesan di penonton akan ada sekuel atau Medieval II. Hanya ada sedikit penjelasan tertulis sebelum masuk credit title tentang kehidupan selanjutnya dari para karakter.

 

Production company: Highland Film Group, The Avenue
Distributor: Bioscop
Cast: Ben Foster (Jan Žižka), Sophie Lowe (Katherine), Michael Caine (Lord Boresh), Til Schweiger (Rosenberg), Rolland Møller (Torak), Matthew Goode (King Sigismund), William Moseley (Jaroslav), etc
Director: Petr Jákl
Screenplay: Petr Jákl, Petr Jakl Sr., Petr Bok
Producers: Martin J. Barab, Kevin Bernhardt, Arianne Fraser, Delphine Perrier, Stuart Manashil
Duration: 2 hours 5 minutes

Komentarlah yang bijak

Related posts