National

Habitat dan Gunung Capital Siap Penuhi Kuota 3 Posyandu di Gresik

48
×

Habitat dan Gunung Capital Siap Penuhi Kuota 3 Posyandu di Gresik

Share this article

LASAK.iD – Gunung Capital, salah satu perusahaan manajemen aset yang fokus dalam bidang infrastruktur dan bahan bangunan berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan Habitat for Humanity Indonesia membangun sebuah pos pelayanan terpadu (Posyandu) di Wringinanom, Gresik, tepatnya di Dusun Kluwung, Desa Kesambenkulon.

Seperti kita ketahui, idealnya setiap desa harus memiliki setidaknya 3 Posyandu guna menunjang pelayanan kesehatan yang maksimal terhadap ibu dan anak. Namun sampai akhir tahun 2021, posyandu belum ada di Desa Kesambenkulon khususnya di Dusun Kluwung. Selama ini, para ibu dan anak yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan hanya bisa bertemu dengan kader kesehatan dengan memanfaatkan balai desa atau langsung ke puskesmas.

Kondisi balai desa tersebut sangat tidak mendukung, selain tidak adanya privasi bagi ibu hamil karena ruangan yang terbuka, warga yang antri menunggu pemeriksaan juga hanya bisa menunggu di luar. Pengamanan balai seperti pagar karena dekat dengan jalan raya juga tidak tersedia, hal ini tentu sangat berbahaya terutama bagi anak-anak. Tidak jarang juga jika para ibu hamil yang hendak melakukan pemeriksaan lanjutan terpaksa pergi ke Puskesmas yang berjarak cukup jauh karena fasilitas di balai desa tidak memadai.

Pembangunan Posyandu oleh Gunung Capital dan Habitat Indonesia yang dimulai sejak Oktober merupakan angin segar bagi warga Dusun Kluwung. Liwa Supriyanti, perwakilan dari Gunung Capital menuturkan, “Kami sadar bahwa di tengah kondisi pandemi ini, akses terhadap kesehatan terutama Kesehatan ibu dan anak menjadi lebih sulit, baik terkait fase sebelum maupun sesudah kehamilan. Era digital saat ini belum bisa dijalankan oleh semua daerah, sehingga banyak ketimpangan digital dialami masyarakat. Oleh karena itu kami berkomitmen dengan Habitat Indonesia untuk membangun Posyandu di Desa Kulon ini dengan tujuan memberikan akses pelayanan Kesehatan bagi masyarakat”.

Sebagai bentuk antusias warga atas terjawabnya permasalahan mereka, setiap dari mereka rela membantu pembangunan Posyandu secara bergiliran setiap harinya hingga Januari 2022 Posyandu akhirnya rampung berdiri. Minggu kedua Januari lalu merupakan awal digunakannya Posyandu saat beberapa ibu hamil hendak memeriksa kandungan maupun anaknya.

Eny dan Amenik, kader kesehatan di Dusun Kluwung menuturkan, “Rasanya seperti mimpi akhirnya memiliki posyandu di dusun ini. Melayani para ibu dan anak terasa lebih aman, nyaman, dan teratur. Fasilitas yang lengkap terasa sangat membantu karena jika ibu-ibu ada pemeriksaan berlanjut, mereka tidak harus ke puskesmas lagi, sudah bisa disini.”

Untuk meresmikan posyandu yang telah didirikan, Gunung Capital dan Habitat Indonesia mengadakan acara serah terima secara hybrid bertempat di kantor Gunung Capital beralamat di Jl. Sudirman Jakarta yang secara paralel dapat juga disaksikan oleh para pemimpin Gunung Capital secara virtual.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia yang hadir dalam acara serah terima di kantor Gunung Capital Jakarta menyampaikan, “Terima kasih dan apresiasi yang sebesarbesarnya kami ucapkan kepada Gunung Capital yang berkenan berkolaborasi dengan Habitat Indonesia untuk menjawab permasalahan pelayanan kesehatan di Dusun Kluwung dengan salah satunya mendirikan posyandu. Kami percaya posyandu ini akan sangat berguna bagi warga disana khususnya untuk kesehatan para ibu dan anak. Kiranya kolaborasi seperti dapat terus dijalin untuk lebih banyak lagi keluarga di Indonesia yang dapat dilayani.”

Posyandu ini kedepannya diperkirakan akan mampu melayani sekitar 110 ibu dan anak. Semakin banyaknya masyarakat yang dapat dilayani serta efektifnya pelayanan yang dapat dilakukan, diharapkan kesehatan dan pertumbuhan ibu dan anak khususnya di Dusun Kluwung dapat meningkat lebih tinggi.

Tidak hanya untuk ibu dan anak, di tengah pandemi covid-19 yang masih meradang, Posyandu ini juga diharapkan dapat berfungsi ganda sebagai tempat pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.