Tech

Lewat Sains, 3M Indonesia Ciptakan Produk Traffic Signs dan Thinsulate

69
×

Lewat Sains, 3M Indonesia Ciptakan Produk Traffic Signs dan Thinsulate

Share this article

LASAK.iD Sains dan kehidupan manusia, sepertinya dua hal ini tidak bisa dipisahkan. Saat ini kehidupan manusia mulai dari hal yang tersulit hingga hal sederhana sekalipun sangat bergantung kepada sains. Di banyak negara ketergantungan akan sains dan teknologi sangat terlihat loh. Selain memang untuk mempermudah kehidupan manusia itu sendiri, sains dan teknologi menjadi tolak ukur kemajuan sebuah negara.

Terkait dengan hal tersebut, sebuah perusahaan global yang berbasis pengetahuan ilmiah dan teknologi, 3M sempat mengungkapkan hasil survei terkait dengan sains dan teknologi. Melalui lembaga penelitian independen, State of Science Index (SOSI), 3M melakukan survei mengenai perubahan sikap masyarakat terhadap sains dan mengetahui peran sains dalam menciptakan masa depan yang lebih baik serta potensinya untuk menghadapi masalah global.

Survei yang dilakukan di 14 negara termasuk kawasan Asia Tenggara mencapai 14.000 responden yang mendapatkan hasil beragam menyangkut sains dan teknologi. Diantaranya mencapai 87 persen masyarakat secara global percaya bahwa manusia membutuhkan sains untuk menyelesaikan masalah dunia dan sebagian besar dari mereka juga percaya bahwa masa keemasan ilmu sains akan datang (62 persen). Mereka yang tertarik pada pengetahuan sains, percaya bahwa kemajuan sains akan bermanfaat bagi generasi mendatang (59 persen), sains akan menyelesaikan masalah utama dunia (42 persen) dan sains akan membantu mereka hidup lebih lama dan lebih sehat sebanyak 40 persen.

Dengan melihat hasil tersebut, State of Science Index (SOSI) menyimpulkan banyak hal positif yang bisa didapatkan dari kemajuan sains dan teknologi terhadap kehidupan manusia. Hal ini juga bisa menarik minat dan dukungan dari manusia itu sendiri akan perkembangan sains dan teknologi.

Menilik hasil studi global tersebut, 3M Indonesia terus mengedepankan di setiap lini produk 3M di pasaran. Terlihat peluncuran dari produk terbaru yang selalu mempertimbangkan pengetahuan ilmiah baik itu ilmu alam maupun ilmu sosial, yang diaplikasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Seperti yang diungkapkan Sashidharan Sridharan selaku President Director 3M Indonesia, “Sains itu penting bagi kami karena itulah yang mendorong visi 3M. 3M percaya bahwa tujuan dasar teknologi dan inovasi adalah untuk meningkatkan kehidupan manusia. 3M Indonesia mempraktikkan keyakinan ini dengan memajukan teknologi dan inovasi berdasarkan sains yang akan berdampak signifikan pada pelanggan kami. Segala sesuatu yang kami lakukan telah berdasarkan pada panduan prinsip kami yakni ‘Science Applied in Every Aspect of Human Life’ (menerapkan sains ke dalam setiap aspek kehidupan manusia). Kami memperkuat komitmen kami untuk menciptakan dunia yang lebih baik dengan menerapkan sains dan meluncurkan produk-produk yang inovatif, serta kami percaya hal ini akan menginspirasi orang lain untuk menggunakan kekuatan sains“.

Selajan dengan keinginan untuk memberikan teknologi yang memajukan kualitas hidup masyarakat Indonesia, 3M Indonesia meluncurkan berbagai produk yang diciptakan berdasarkan sains yang telah teruji seperti, 3MTM Traffic Signs dan 3MTM Thinsulate.

Untuk produk 3MTM Traffic Signs ini digunakan pada banyak jalan raya di Indonesia demi kenyamanan dan keamanan pengendara. Bahkan 3M Indonesia saat ini mendukung jalan tol trans Sumatera dan Jawa dengan RPPJ, reflektor dan rambu lalu lintas.

Termasuk dukungan 3M Indonesia kepada pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas melalui penggunaan produk 3MTM Conspicuity Markings & Reflective Tapes atau stiker pemantul cahaya tambahan yang telah sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. Saat ini stiker reflektor sudah terpasang di moda angkutan busway TransJakarta dan truk angkut.

Sedangkan produk 3MTM Thinsulate ini lebih kepada interior otomotif yang sudah digunakan di banyak kendaraan di Indonesia, yang dibuat khusus untuk menyerap getaran suara otomotif sehingga membantu mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan, meningkatkan kenyamanan perjalanan selama berkendara, termasuk menjaga suhu di dalam kendaraan sehingga tidak suhu tidak terpengaruh dari sisi luar.

Sains dan teknologi sangat besar manfaatnya dalam kehidupan manusia saat ini, karena dengan perkembangannya dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Begitu juga sains dan teknologi telah memberikan pengaruh terhadap peradaban di Indonesia.

Ketika kita berpikir tentang terobosan bagaimana mengkomunikasi sains yang lebih baik, potensi serta dampak positifnya, kita juga perlu fokus pada manfaat sains bagi umat manusia dan menunjukkan bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan kualitas kehidupan. Sains menjanjikan kita dapat mengatasi tantangan global yang paling sulit – dan dengan melakukan itu, kita menciptakan masa depan yang lebih cerah, lebih produktif, dan lebih sehat untuk generasi berikutnya”, tutup Sashidharan.

(Sarah)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x