Ini Daftar Pemenang Anugerah Adikarya Wisata Ke-21 Tahun 2019
Kolom

Ini Daftar Pemenang Anugerah Adikarya Wisata Ke-21 Tahun 2019 

LASAK.iD – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta  kembali menggelar Anugerah Adikarya Wisata 2019. Penghargaan yang diberikan kepada bidang usaha pariwisata dan jasa terkait yang telah berkontribusi nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta kepada masyarakat Indonesia dan turis asing. Tahun 2019 menjadi tahun ke-21 penyelenggaraan Anugerah Adikarya Wisata sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1991.

Terselenggaranya penghargaan Adikarya Wisata dilatarbelakangi oleh Kelapa Jaya yang merupakan pelopor penghargaan di bidang pariwisata di Indonesia yang dimulai pada tahun 1974. Penghargaan pariwisata yang diberikan kepada pelaku usaha di bidang pariwisata yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun kepariwisataan di DKI Jakarta pada saat itu.

Adikarya Wisata yang diselenggarakan pertama kali tahun 1991 sebenarnya ajang penghargaan untuk menggantikan Penghargaan Kelapa Jaya yang terakhir kalinya dilakukan pada tahun 1989. Sebagai ajang pengganti, Adikarya Wisata tentunya sudah melalui penyempurnaan konsep dan standar kualitas penilaian.

Adikarya Wisata merupakan ajang penghargaan yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 tahun. Tahun 2019 menjadi yang ke-21 kembali menyelenggarakan malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019  pada 6 Desember 2019 yang bertempat di JW Marriott Hotel, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan dari musisi ternama tanah air, yaitu penyanyi Rio Febrian dan grup musik Maliq & D’Essentials.

Adikarya Wisata merupakan salah satu acara yang paling dinantikan dan menjadi kebanggaan untuk pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing dan untuk meningkatkan kualitas. Acara ini juga menjadi pembuktian dan harapan baru untuk pariwisata Jakarta”, ujar Alberto Ali, Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.

Penyelenggaraan Adikarya Wisata memberikan cakrawala informasi yang begitu luas bagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Bertemu dengan pelaku usaha serta pihak-pihak yang inspiratif dan berdedikasi untuk mempromosikan pariwisata Jakarta telah menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah putus.

Penghargaan Adikarya Wisata 2019 menetapkan 31 kategori penghargaan dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata untuk tahun ini. Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga/Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan & Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata dan Media Elektronik.

Berikut daftar pemenang dari 31 kategori yang diberikan:

Akomodasi Hotel Bintang 5 – Grand Hyatt Jakarta, Akomodasi Hotel Bintang 4 – JS Luwansa, Akomodasi Hotel Bintang 3 – Artotel Thamrin Jakarta, Akomodasi Hotel Bintang 2 & 1 – POP! Hotel Pasar Baru Jakarta, Restoran “Indonesia Formal Dining” – Bunga Rampai Menteng, Restoran “Indonesia – Tradisional” – Tesate Menteng, Restoran “Chinese Food” – Hakkasan Jakarta, Restoran “Japanese Food” – Akira Back Jakarta, Restoran “Korean Food” – Chung Gi Wa Wijaya, Restoran “Middle East Food Restaurant” – Turkuaz Gunawarman, Restoran “Western Food” – Amuz Gourmet SCBD, Bar & Lounge – Skye BCA Tower, Jasa Boga/Katering – Mardika Catering, Kawasan Pariwisata – Taman Mini Indonesia Indah, Jasa Pariwisata “Biro Perjalanan Wisata” – Dwidaya Tour, Jasa Pariwisata “MICE” – Pacto Convex, Jasa Pariwisata “Impresariat” – Ismaya Live, Jasa Pariwisata “Balai Pertemuan” – JI Expo Kemayoran, Spa – Martha Tilaar Salon & Day SPA, Hiburan & Rekreasi “Golf” – Damai Indah Golf – PIK Course, Hiburan & Rekreasi “Klab Malam & Diskotik” – Colloseum Club 1001, Hiburan & Rekreasi “Karaoke” – Happy Puppy Karaoke Mampang, Hiburan & Rekreasi “Sarana Rekreasi Keluarga” – Jakarta Aquarium, Maskapai Penerbangan – Garuda Indonesia, Transportasi Darat “Bus Wisata” – Big Bird, Atraksi Buatan “Mall” – Kota Kasablanka Mall, Atraksi Buatan “Museum” – Museum Macan, Unsur Pendidikan “Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata” – SMK 57 Jakarta, Unsur Pendidikan “Sekolah Tinggi Pariwisata” – Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Media Elektronik “Media Online” – Liputan6.com, Media Elektronik “Stasiun Televisi” – TVRI

Pemenang penghargaan merupakan pilihan dewan juri yang sebelumnya melakukan seleksi dan penjurian dari total 155 pelaku usaha, usaha jasa, institusi atau perusahaan yang menjadi nominasi. Dewan juri yang memberikan penilaian hadir dari orang-orang yang kompeten di bidangnya, seperti pakar di bidang pariwisata, dosen, dan hotelier. Hal menyangkut kontribusi nyata serta memberikan solusi kreatif dan inovatif untuk meneruskan semangat mempromosikan kota Jakarta dari pelaku usaha, usaha jasa, institusi, dan tenaga kerja menjadi penilaian penting.

Proses penilaian dilakukan sejak Maret 2019 oleh tim khusus yang menilai dari berbagai aspek, contohnya administrasi, penilaian kinerja, interview, customer review, company visit, hingga kontribusi terhadap pariwisata dan kebudayaan. Keteraturan dan kedisiplinan juga masuk ke dalam kriteria penilaian tim juri yang melakukan survei langsung ke lokasi”, kata Thamrin Bachri, Ketua Juri Adikarya Wisata 2019.

Metode penilaian anugerah Adikarya Wisata 2019 terdiri dari tiga tahap, yaitu pre-evaluation, evaluation, dan final evaluation. Pada tahap pre-evaluation, juri menilai data pendukung dan kelengkapan administratif, kemudian pada tahap evaluation menilai informasi primer seperti integrasi desk study, melakukan interview, dan mempertimbangkan customer review. Sementara itu, pada tahap final evaluation juri menilai data faktual dan verifikatif.

Aspek penilaian lainnya meliputi dedikasi pelaku usaha terhadap penyelenggaraan usaha  yang sesuai dengan aturan, prestasi pelaku usaha dalam penyelenggaraan usaha, dan kontribusi pelaku usaha terhadap pembangunan industri pariwisata, pembangunan daerah, kemajuan masyarakat secara umum serta tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Adikarya Wisata 2019 juga dapat menjadi motivasi bagi para pelaku usaha di industri pariwisata untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas supaya dapat mempertahankan bahkan memperkuat branding “Enjoy Jakarta”.

Hotel yang bersih, ramah lingkungan, ikut mendukung pelestarian budaya, hingga menyesuaikan service dengan kebutuhan konsumen merupakan bentuk kepedulian terhadap branding dan dapat membantu meningkatkan kepuasan turis yang berkunjung ke Jakarta”, kata Thamrin Bachri menambahkan.

Cek juga kemeriahan Adikarya Wisata 2019, berikut ini:

1/12
Komentarlah yang bijak

Related posts