Habitat dan MODENA Gelar Konser Amal “Songs for Cianjur”
National

Habitat dan MODENA Gelar Konser Amal “Songs for Cianjur” 

LASAK.iD – Indonesia yang secara geografis terletak di wilayah ring of fire atau cincin api. Potensi yang membuat Indonesia rawan akan bencana alam terutama gempa dan gunung meletus setiap tahunnya. Seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di Cianjur, Jawa Barat.

Gempa yang terjadi pada 21 November 2022 lalu berkekuatan 5,6 M. Kejadian yang dilaporkan BNPB hingga 30 November, menyatakan ada lebih dari 300 orang meninggal, 12 orang dalam pencarian, 61 orang luka-luka dan lebih dari 100.000 orang.

Gempa Cianjur merusak sebagian besar infrastuktur bangunan terutama pemukiman warga. Ada sekitar 20.000 rumah yang mengalami rusak berat untuk segera diperbaiki. Untuk mewujudkan hal tersebut Habitat Indonesia bekerja sama dengan MODENA menggelar konser amal bertajuk Songs for Cianjur.

Konser Songs for Cianjur sekaligus penggalangan dana untuk membantu para penyintas gempa di Cianjur. Konser yang digelar di MODENA Experience Center Kemang, Habitat kembali menggandeng komponis ternama Indonesia, Ananda Sukarlan.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menuturkan, “Sebagai organisasi kemanusiaan yang memiliki tanggung jawab untuk tanggap terhadap bencana, kami sadar harus segera membantu saudara saudara kita yang tertimpa bencana di Cianjur. Melihat kesuksesan konser yang kami gelar tahun lalu bersama Ananda Sukarlan untuk membantu saudara-saudara kita para penyintas badai siklon tropis seroja di NTT, kami tergerak untuk kembali mengajak Ananda menggelar konser amal untuk membantu saudara-saudara kita di Cianjur”.

Konser amal kali ini disuguhkan dengan menampilkan enam lantunan musik klasik dari Ananda Sukarlan. Beberapa di antaranya diciptakan khusus untuk penyintas Cianjur dan untuk pertama kalinya dibawakan oleh Ananda.

Tiga dari keenam musik yang dimainkan itu dilelang dan berhasil dimenangkan oleh tiga orang tamu dengan harga tertinggi. Dalam penampilannya yang memukau, Ananda didampingi oleh penyanyi soprano Mariska Setiawan dan bariton Kadek Ari Ananda, dua vokalis klasik terbaik di Indonesia saat ini.

Saya berharap para tamu yang hadir dapat menikmati musik yang saya tampilkan sambil berdonasi. Sebagai seorang seniman, lantunan nada pada konser malam ini menjadi bukti nyata dari kepedulian dan cara saya mendukung saudara-saudara di Cianjur. Saya mengajak kita semua berkontribusi membantu mereka agar pulih lebih cepat”, tutur Ananda.

Konser amal yang digelar kurang lebih selama 3 jam tersebut dihadiri oleh para pemimpin dari berbagai perusahaan, sosialita hingga Fofo Sariaatmaja yang menunjukkan semangat untuk berdonasi. Susanto menekankan bahwa seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan kepada para penyintas gempa di Cianjur.

Dana yang terkumpul malam ini akan kita gunakan untuk membangun rumah layak bagi lebih dari 1.000 keluarga yang mengalami gempa di Cianjur setelah sebelumya, di awal gempa terjadi kita sudah mendistribusikan 199 alat untuk memperbaiki maupun membersihkan puing gempa, serta 199 paket kebersihan kepada 199 keluarga”, tambah Susanto.

Bagus Prastowo, selaku Direktur MODENA mengungkapkan, “MODENA sebagai salah satu merek penyedia perlatan rumah tangga terpercaya di Indonesia terus berkomitmen untuk selalu mengulurkan bantuannya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Bekerjasama dengan Habitat Indonesia bukan yang pertama kali kami lakukan untuk memberikan kontribusi bagi tanah air. Kami harap kerjasama kami saat ini dapat meringankan kehidupan para korban Cianjur sehingga mereka mendapatkan kehidupan yang layak seperti sebelumnya.”

Donasi untuk membantu para penyintas gempa Cianjur berlangsung hingga satu bulan, yang bisa dilakukan melalui laman kitabisa.com.

Komentarlah yang bijak

Related posts