Review

Review: The Curse of Rosalie, Pengorbanan & Perjanjian Iblis Luc

64
×

Review: The Curse of Rosalie, Pengorbanan & Perjanjian Iblis Luc

Share this article

LASAK.iD – Satu lagi pilihan film bertemakan horror dari Voltage Pictures dan Screen Media. Bercerita tentang keluarga Snyder yang selalu berpindah tempat tinggal dari satu kota ke kota lain. Menghindar dari masa lalu mereka yang kelam atas perjanjian yang dibuat Daniel Snyder (Will Klipstine) kepada iblis bernama Luc atau Lucifer (Charles Hubbell).

Perjanjian yang menjadikan roh anaknya yang bernama Rosalie Snyder (Madeleine McGraw) dijadikan jaminan oleh iblis Luc atas kebahagiaan yang diberikan kepada keluarga Snyder. Sekaligus kuota nyawa manusia yang harus ia penuhi kepada iblis.

Daniel akan menandai calon korbannya dengan meletakan sebuah relikui kayu berlilitkan ular yang adalah ciri dari iblis. Nantinya, seseorang yang sudah ditandai akan didatangi oleh iblis Luc untuk diambil nyawanya setelah terpengaruh bisikan untuk melakukan bunuh diri. Pada akhirnya roh-roh tersebut dikumpulkan kemudian dibawa bersamanya ke neraka.

Pelarian yang ternyata membawa keluarga Snyder ke kota tua bernama Midwestern. Kehidupan yang diharapkan Daniel akan baik-baik saja justru sebaliknya. Ketika kota yang mereka tinggali saat ini merupakan cikal bakal lahirnya kutukan dan para the harbinger.

Pada berabad-abad lampau di kota Midwestern, iblis Luc menebarkan teror jahat dengan menjadikan orang kulit putih sebagai pengikutnya yang disebut sebagai the harbinger. Ia dan pengikutnya banyak memakan korban yang ternyata bukan hanya orang kulit putih tetapi penduduk asli dari sisi lain kota yaitu orang-orang Indian.

Hal yang pada akhirnya membuat kedua kubu melakukan perjanjian yang ditandai dengan pemberian sebuah relikui kepada iblis Luc. Benda baik dan berharga bagi orang-orang Indian, berbeda dengan relikui yang dimiliki oleh iblis Luc untuk menandai seseorang untuk menjadi korbannya.

Luc yang adalah iblis tidak akan pernah menjadi baik dan tidak akan pernah menepati setiap janjinya. Ia terus melakukan terornya, bahkan terhadap orang Indian dengan melewati batas wilayah yang sudah disepakati secara diam-diam.

Meski begitu, orang-orang Indian percaya bahwa alam dapat memberikan kekuatan. Di mana kekuatan iblis Luc akan kehilangan kekuatannya setiap melewati batas atau ketika ia berada di tanah orang Indian yang dikenal sebagai tanah keramat dan memiliki magisnya tersendiri.

Dikatakan oleh iblis Luc bahwa Midwestern adalah kota para the harbinger yang pensiun. Daniel dan keluarganya pergi ke kota Midwestern bukanlah tidak sengaja. Iblis Luc sudah merencanakan sejak awal untuk para the harbinger berkumpul dan membawa mereka ke neraka pada akhirnya. Dengan kata lain kota Midwestern merupakan gerbang utama ke neraka.

Film berjudul The Curse of Rosalie atau The Harbinger membawa kisah klasik perselisihan yang sejak lama terjadi di Amerika, antara orang kulit putih dengan orang Indian. Kali ini diceritakan melalui sebuah kutukan yang dibawa oleh iblis Luc atau Lucifer dengan perantara manusia yang disebut dengan the harbinger.

The Curse of Rosalie jika dikatakan sebagai film mikir sebenarnya tidak juga, penonton hanya dituntut untuk lebih teliti menonton scene by scene. Bukan rahasia jika film bergenre drama horror fantasy seperti The Curse of Rosalie, sutradara dan penulis akan menyelipkan trigger yang sering dibuat samar untuk mengecoh penonton.

Sebagai petunjuk untuk bagian penyelesaian filmnya. Biasanya hal tersebut menjadi sebuah unsur kejutan atau seringnya disebut dengan plot twist. Pada film The Curse of Rosalie atau The Harbinger, trigger serupa sudah ditemukan sejak awal film.

Dilihat dengan dimunculkan potongan flashback di bagian tertentu dari cerita filmnya. Diperlihatkan keluarga Snyder dari kehidupan mereka sebelumnya. Selain itu, jika diperhatikan ketika menonton filmnya cukup banyak detail dari objek benda yang dalam filmnya muncul berbagai bentuk relikui.

Atau subjek yang adalah karakter, seperti sosok Creepy Man (Bruce Bohne) yang selalu muncul disekitar keluarga Snyder sejak mereka tiba di kota Midwestern. Ternyata sosok baik yang adalah malaikat penjaga dari kota Midwestern. Juga dengan kehadiran dari seorang wanita Indian yang merupakan cenayang bernama Floating Hawk (Irene Bedard), karakter penting dalam filmnya.

Karakter lain yang menjadi kejutan tak terduga atau bagian dari plot twist adalah karakter John Driscoll (Steve Monroe). Kemunculan yang memberikan kesan hanya warga biasa dari Midwestern, nyatanya sejak awal bagian dari para the harbinger seperti Daniel.

Dialog di beberapa adegan tak boleh terlewat yang juga bagian dari trigger cerita filmnya. Salah satunya dialog Daniel dengan penjaga toko setibanya mereka di kota Midwestern. Saat itu, Daniel menemukan kartu nama yang mengarah kepada Floating Hawk yang tinggal disisi lain kota yang dikatakan sebagai wilayah orang-orang Indian. Penjaga toko tersebut mengatakan bahwa Daniel tidak akan memerlukan kartu nama tersebut.

Atau dialog antara keluarga Snyder dengan Betty Goss (Diana Wilde), John Driscoll dan keluarga Lester (Jamie Bozian). Mereka mengatakan hal sama seperti penjaga toko, bahwa tempat yang dituju Daniel di sisi lain kota Midwestern untuk membantu anaknya merupakan wilayah berbahaya.

Teka teki dan plot twist sebagai unsur kejut yang tak terduga menjadi daya tarik dari filmnya. Ini karena The Curse of Rosalie atau The Harbinger memiliki kemiripan yang otentik secara judul, konsep, tema dan genre dengan beberapa judul film sebelumnya. Terutama hubungannya dengan Suku Indian yang memang terkenal dengan kemistisannya yang kuat.

Menilik antara cerita dengan judul, film ini memang lebih cocok dengan judul The Harbinger dibandingkan The Curse of Rosalie. Pada filmnya pun sudah jelas digambarkan karakter Rosalie Snyder hanya kehilangan dirinya yang sebenarnya. Ini karena rohnya menjadi jaminan atas perjanjian Daniel Snyder dengan iblis. Bukan sebagai seorang anak kecil yang membawa kutukan.

Sedangkan dalam film sudah jelas dari awal memberikan petunjuk jelas yang mengarah kepada pesuruh dari iblis yang bernama The Harbinger, walau nama tersebut baru terungkap di bagian penyelesaian cerita. Namun, keselarasan yang lebih pas dengan judul yang sama, yaitu The Harbinger.

Penilain yang mungkin bisa sama atau sebaliknya dari penikmat film. Untuk mengetahuinya The Curse of Rosalie atau The Harbinger bisa loh menjadi pilihan tontonan. Juga menjadi pilihan berbeda dari sisi genre juga cerita. Di tengah banyaknya film dengan genre action crime atau horror yang benar-benar menampilkan hantu.

Production company: Singing River Production, Veteran Films
Distributor: Voltage Pictures, Screen Media
Cast: Madeleine McGraw (Rosalie Snyder), Amanda MacDonald (Theresa Snyder), Will Klipstine (Daniel Snyder) Irene Bedard (Floating Hawk), Charles Hubbell (Luc), Teal Redmann (Dr. Emily Warren), Kate Luyben (Claire), Steve Monroe (John Driscoll), Bruce Bohne (Creepy Man), Jeremy Gauna (Native Warrior), Rick Mora (Native Warrior), etc
Director: Will Klipstine
Screenplay: Will Klipstine, Amy Mills
Producers: Steven Reed C., Will Klipstine, Amy Mills
Duration: 1 hours 54 minutes