Cikopo – Palimanan, Jalur Asyik Buat Wisata Sambil Mudik
News

Cikopo – Palimanan, Jalur Asyik Buat Wisata Sambil Mudik 

SEWAKTU PIKNIK – Bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman di Jawa, jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi pilihan yang tepat. Di sepanjang jalur ini, ternyata banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa dinikmati. Tidak hanya itu, beragam kuliner juga bisa dijumpai untuk bersantap bersama anggota keluarga dalam perjalanan menuju kampung halaman di sepanjang jalan tol Cipali ini. Apa saja?

Dalam buku “Inspirasi Wisata Dan Kuliner Sekitar Jalan Tol Cipali” yang diterbitkan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) yang merupakan pemegang konsesi jalan tol Cipali, dijelaskan secara lengkap mengenai tempat-tempat wisata dan kuliner menarik itu. Di antaranya:

  1. Purwakarta

Saat keluar dari pintu tol KM 72 mengambil jalur Jl. Cikopo menuju Jl Waduk Jatiluhur di Jatimekar, Anda bisa mampir ke Istora Resto Jatiluhur. Di sini Anda dan keluarga bisa menikmati olahan ikan dari Waduk Jatiluhur seperti gurame dan ikan nila bakar. Di restoran hotel yang berada di Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur ini, Anda juga disuguhi panorama cantik Waduk Jatiluhur.

Waduk Jatiluhur di Purwakarta (dok. istimewa)
Waduk Jatiluhur di Purwakarta (dok. istimewa)

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Stasiun Kopi Purwakarta yang kerap dijadikan tempat nongkrong warga Purwakarta. Kedai yang menempati bangunan rumah bergaya kolonial ini memiliki menu andalan minuman berbasis espresso.

Ada juga Kedai Kita Restoran Keluarga yang berada di pusat kota Purwakarta. Menu andalan di sini adalah hidangan seafood, nasi timbel, dan nasi oncom.

Yang tak kalah menarik adalah menikmati makanan khas Purwakarta di Sate Maranggi Khas Plered H Udi (Aim) yang letaknya di sebelah Stasiun Plered. Satenya dibumbui dengan saus kacang atau kecap yang beda dari saus sate pada umumnya.

Es Ciming tempat wajib yang harus dikunjungi pemudik saat mampir ke Purwakarta, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman. Es ini semakin nikmati disnatap dengan ketan hitam.

Untuk tempat wisata di Waduk Jatiluhur Purwakarta, salah satunya adalah Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur dan Parang Gombong. Di sini Anda bisa bersantai, berenang, dan berkemah. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Bale Panyawangan Diorama Nusantara, untuk melihat-lihat museum sejarah Nusantara menjadi Indonesia dan sejarah Purwakarta sendiri. Untuk melihat produk unggulan UMKM Purwakarta, Anda bisa mampir ke Galeri Menong. Bagi pecinta keramik, ada Sentra Keramik Plered di sepanjang Jl. Raya Anjun Plered.

 

  1. Subang

Untuk menikmati aneka ragam kuliner dan wisata menarik di Subang, Anda bisa keluar gerbang tol Subang di KM 109. Dengan belok kanan ke Jl. Otto Iskandardinata, Anda akan menemukan Bakso Goyang Lidah yang terkenal akan kelezatan bakso jando atau gajih. Selain itu ada juga Surabi Romatis yang bisa dinikati di tengah perkebunan the yang asri nan catik. Surabi di sini unik karena ditaburi dengan oncom.

Bagi yang suka mi ayam, Anda bisa mampir ke Mi Ayam Coet Spesial “Chef Wawan”, yang wadahnya ditaruh di atas coet (cobet) yang diletakkan di atas tungku kecil dengan bara api. Varia rasanya juga unik seperti saus lada hitam dan saus teriyaki.

Di Lesehan KPK Lembah Gunung Kujang, Anda bisa makan ikan sambal lesehan di tengah kolam pemancingan. Di sini Anda bisa menikmati aneka olahan ikan tawar seperti ikan nila bakar. Pengunjung bisa memancing sambal menikmati hidangan.

Tempat kuliner lain yang wajib Anda kunjungi adalah kedai kopi kekinian di Subang, yaitu Sugar Rush. Interiornya berkesan Instagenic, sangat cocok untuk berfoto ria.

Agrowisata Ciater Tea Mountain di Subang (dok. istimewa)
Agrowisata Ciater Tea Mountain di Subang (dok. istimewa)

Di Subang ada Agrowisata Ciater Tea Mountain yang merupakan perkebunan teh. Khusus pada minggu ketiga dan keepmat, Anda bahkan bisa melihat langsung proses pemetikan teh di sini. Bagi Anda yang gemar memancing, Panorama Lembah Gunung Kujang menjadi menarik untuk dikunjungi. Apalagi hawa di kawasan ini sangat sejuk sehingga tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Di sini Anda juga bisa melihat ikan raksasa seperti ikan Arapaima di Kolam Monster.

  1. Majalengka

Untuk menikmati tempat-tempat wisata dan kuliner di Majalengka, Anda keluar di pintu Gerbang Tol Sumberjaya di KM 175. Jika belok kiri ke Jl. Raya Cirebon terus ke arah Rajagaluh-Ujungberung, Anda akan menemukan Rumah Makan Neng Euis. Rumah makan yang berada di tepian sungai ini menawarkan konsep lesehan dengan panorama khas pedesaan. Ada juga Kedai Artha Majalengka yang sangat cocok untuk nongkrong sambil ngopi di sore hari. Tempatnya sangat luas dengan interior yang Instagenic. Anda juga bisa mampir ke Pondok Dahar Pak H.M. Djaja yang memiliki konsep lesehan yang dikelilingi kolam-kolam ikan. Bagi penyuka durian, Anda bisa mampir ke Pondok Durian Senapeul.

Ciboer Pass di Majalengka (dok. istimewa)
Ciboer Pass di Majalengka (dok. istimewa)

Selain menikmati kuliner, Anda juga bisa berwisata di Majalengka. Salah satu tempat menarik adalah Ciboer Pass. Di tempat ini kita seakan berada di Bali karena panoramanya adalah sawah berundak-undak. Momen paling tepat berada di sini adalah saat sunrise dan sunset. Bagi yang ingin melihat panorama Majalengka dari ketinggian, Anda bisa mampir ke Paraland Resort. Letaknya di puncak Gunung Paten memberikan pemandangan pusat kota Majalengka dan juga Gunung Ciremai yang sangat indah.

  1. Indramayu

Keluar di Gerbang Tol Kertajati lalu menuju Jl. Mayor Sastraatmaja, Anda bisa mampir ke Om Caastra Waroeng Makan. Ada banyak makanan khas Indramayu yang dijual di sini dan cocok sebagai tempat untuk sarapan. Di sini Anda bisa menikmati nasi lengko dengan telur ikan serta pindang gombyang. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Rumah Mertua, restoran dengan interior yang Instagenic, sehingga kerap dijadikan tempat berfoto-foto selfie. Yang tak kalah menarik adalah menikmati makanan laut sambil melihat perahu nelayan lalu lalang di tengah deburan ombak di Pondok Ikan Bakar Mina Ayu. Bagi penyuka ayam kampung goring, Anda bisa mampir ke Rumah Makan Ibu Hj. Aas.

Tempat wisata di Indramayu juga tidak kalah menarik. Di sini ada Ekowisata Mangrove Karangsong. Untuk menuju tempat ini, anda harus naik perahu nelayan. Di sini pengunjung diajak menyusuri hutan mangrove dengan berjalan di setapak bambo. Jangan lupa naik ke manara untuk melihat panorama mangrove secara menyeluruh.

Anda juga bisa menikmati deburan ombak yang tenang di Pantai Legenda Tirtamaya sambal menikmati kelapa muda atau berenang di tepian laut. Mampir juga ke Oemah Nenek untuk membeli aneka camilan khas Indramayu. Anda juga bisa menikmati manisan manga di Manisan Mangga Dokter Liana.

  1. Cirebon

Untuk menikmati aneka kuliner dan wisata di Cirebon ini, Anda bisa keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188. Anda bisa mampir ke Nasi Jamblang Ibad Otoy untuk berburu sarapan. Nasi jamblang di sini terkenal enak dan harganya terjangkau. Jangan lupa juga mampir ke Nasi Jamblang Ibu Nur yang merupakan favorit warga Cirebon. Yang tak bisa dilupakan saat mampir di Cirebon adalah mengunjungi RM Empal Asem H. Apud. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Klapa Manis, restoran yang berada di tepi Bukit Gronggong. Di sini, Anda bisa juga melihat pemandangan kota Cirebon dari ketinggian. Saat malam, restoran ini dipenuhi lampu temaram sehingga berkesan romantis.

Sedang untuk berwisata, Anda bisa mampir ke Taman Sari Gua Sunyaragi, sebuah situs bersejarah yang dibangun tahun 1703 oleh cicit dari Sunan Gunung Jati. Gua ini disusun dari batu karas yang tampil begitu magis nan anggun. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Istana Kerajinan Kerang CV Multi Dimensi. Di sini diolah limbah kerang menjadi produk kerajinan, mulai dari piring dan gelas hingga meja tamu.

Nah, seru bukan. Jadi jangan sia-siakan perjalanan mudik Anda. Karena ada banyak kenangan mudik yang bisa Anda nikmati di sepanjang tol Cipali. (C. Siahaan)

Komentarlah yang bijak

Related posts